Seluruh Babinsa Harus Menguasai Komsos Dengan Masyarakat, Ini Contohnya

IST/BERITA SAMPIT - Pak Panut dan peternak sapi lainnya saat berdialog dengan Babinsa Sertu Dasuki di Desa Pandu Senjaya Kecamatan Pangkalan Lada.

PANGKALAN BUN – Dandim 1014 Pangkalan Bun Letkol (ARH) Derajad Tri Putro, SE melalui Danramil 1014-05 Pangkalan Banteng Pelda Supriyanto menyampaikan bahwa, seluruh Babinsa harus menguasai Komunikasi Sosial (Komsos) dengan masyarakat.

“Nah yang baru-bari ini telah dilakukan oleh Babinsa Pangkalan Lada Sertu Dasuki, adalah komunikasi di bidang peternakan, dalam kegiatannya sekaligus sambil anjangsana dengan masyarakat,” jelas Supriyanto.

Babinsa, Sertu Dasuki saat dikonfirmasi, Senin 24 Mei 2021 membenarkan pihaknya telah melaksanakan kegiatan komunikasi sosial ke salah satu peternak sapi di Desa Pandu Senjaya, Kecamatan Pangkalan Lada Kabupaten Kobar.

“Kebetulan pemilik peternakan sapi mandiri Pak Panut warga Desa Pandu Senjaya juga salah satu warga binaan kami, karena Prajurit Babinsa adalah ujung bayonet TNI yang ada di desa harus mempu menjadi pendamping rakyatnya,” tegas Dasuki.

BACA JUGA:   Pj Bupati Kobar Buka Pasar Wadai, H. Budi Santosa : Sebentar Lagi Akan Digelar Pasar Murah Ramadan

Menurut Dasuki, pendamping dalam artian pendampingan ke berbagai masalah di lingkungan masyarakat desa, seperti dimasa pandemi Covid-19 ini Babinsa bukan hanya jadi pendamping mensosialisasikan pencegahan Covid-19 saja. Tapi juga bagaimana caranya masyarakat desa dimasa pandemi ini bisa tetap bangkit berusaha, misal mengolah lahan pertaniannya atau lahan lainnya.

“Sekarang kami sedang berusaha melakukan komunikasi sosial di bidang peternakan, yaitu berdialog dengan Pak Panut peternak Sapi, yang intinya menampung berbagai keluhan kebutuhan para peternak sapi sehingga sapi ternak dapat dipelihara dengan baik dan sehat,” ujar Dasuki.

Diungkap Dasuki, dari hasil komsos dengan peternak sapi, selama ini sumber makanan ternak sapi selain diperoleh secara tradisional yaitu dengan cara dicarikan rumput atau daun daunan dari jenis tertentu yang diambil dari kebun maupun hutan di sekitar desa, ada juga pakan alternatif berupa konsentrat.

BACA JUGA:   Inilah 3 Nama Calleg Dari Demokrat Terpilih Yang Akan Melenggang Masuk Gedung DPRD

“Dalam kunjungan komsos saya juga mengingatkan kepada Bapak Panut, agar dapat selalu menjaga kebersihan di seputaran lingkungan dikarenakan kandang ternak tersebut dekat dengan area pemukiman tempat tinggal warga, sehingga setiap hari harus dibersihkan dengan harapan agar tidak menimbulkan bau yang dapat mengganggu kenyamanan warga di sekitar kandang ternak sapi tersebut,” jelasnya.

Dasuki berharap, melalui komsos yang dilaksanakan secara rutin diharapkan terjadi sinergitas antara Babinsa dan warga, sehingga Kemanunggalan TNI dengan rakyat semakin erat,  dan Wilayah Teritorial pun semakin kondusif, tertib dan aman. (Man/beritasampit.co.id).