Berikan Pelayanan Prima, Ini Yang Dilakukan BPN Palangka Raya

Petugas Kantor Wilayah ATR/BPN Kota Palangka Raya, ketika memberikan layanan ke rumah bagi para warga lanjut usia.//IST_Antara/ft-BPN Palangka Raya;

PALANGKA RAYA – Untuk memberikan pelayanan kepada warga lanjut usia dan yang berkebutuhan khusus, Kantor Wilayah Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah (Kalteng), mengintensifkan layanan dengan mendatangi rumah-rumah masyarakat.

Peningkatan pelayanan dan kemudahan akses tersebut,  merupakan salah satu upaya Kantor BPN Palangka Raya untuk menuju wilayah bebas korupsi atau mewujudkan wilayah birokrasi bersih dan melayani zona integritas.

“Kami saat ini sudah mulai aktif memberikan pelayanan ke rumah, atau home service bagi masyarakat lanjut usia atau yang kesulitan ke kantor karena memiliki kebutuhan khusus. Itu wujud dari BPN dalam memberikan pelayanan prima,” kata Kepala Seksi Penetapan Hak dan Pendaftaran Kantor BPN Palangka Raya, Rifton Pradityo, Rabu 26 Mei 2021.

Rifton mengatakan, berbagai macam terobosan dalam memaksimalkan pelayanan tidak hanya itu  tapi juga langsung menggunakan teknologi digital guna mempermudah masyarakat untuk mengakses berbagai informasi terkait dengan kepengurusan tanah.

“Instal saja di HP aplikasi ‘Sentuh Tanahku’, mudah-mudahan akan mempermudah masyarakat dalam mendapatkan pelayanan dan mencari informasi yang berkaitan dengan keagrariaan,” jelasnya. Dilansir dari Antara.

Melalui aplikasi itu masyarakat dengan mudah mengakses informasi tentang pertanahan, misalnya sebelum melakukan jual beli tanah, warga dapat memperoleh data-data tentang tanah tersebut atau ketika ingin mengetahui lokasi dapat tersaji di peta digital.

Selain itu, masyarakat juga dapat mengetahui persyaratan balik nama atau informasi pelayanan pertanahan lainnya, baik persyaratan, waktu proses maupun biayanya.

Sementara itu, salah satu warga yang mendapatkan pelayanan home service dari BPN berharap layanan tersebut dapat berjalan dengan baik dan sesuai dengan harapan bisa membantu warga.

“Saya sudah berumur dan kondisi kaki ini sudah tidak dapat berjalan jauh karena sakit, dengan adanya layanan ke rumah tentu sangat membantu kami yang sudah berumur,” kata salah seorang ibu yang tidak mau disebutkan namanya.

Selain memberikan pelayanan dari rumah ke rumah khusus bagi warga lansia, BPN Palangka Raya juga gencar melakukan sosialisasi kepada para mahasiswa di kota ini, tujuannya tiada lain agar generasi millenial juga dapat memahami berbagai macam informasi pertanahan.

(BS-65/beritasampit.co.id)