Optimalkan Implementasi K3 BPJS Kesehatan Gandeng Damkar

IST/BERITASAMPIT - Rapat secara daring yang di lakukan oleh BPJS Kesehata bersama Damkar Kabupaten Kotawaringin Timur.

SAMPIT – sebagai implementasi Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) di lingkungan kerja, BPJS Kesehatan melakukan sosialisasi dan juga simulasi terhadap Dinas Penyelamatan Keadaan Darurat Kebakaran.

Kagiatan yang dihadiri oleh Kepala BPJS Kesehatan Cabang Sampit, Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) Budi Sukwara dan seluruh duta BPJS Kesehatan baik secara langsung meupun secara online, dan menghadirkan narasumber Kepala Seksi Inspeksi Peralatan Pemadam Kebaran dan Penyelamatan Kabupaten Kotawaringin Timur Hery Wahyudi.

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Sampit Budi Sukwara menyampaikan sosialisasi dan simulasi ini dilaksanakan dengan tujuan agar semua Duta BPJS Kesehatan dapat memahami dan terlatih dalam menghadapi keadaan darurat serta memastikan semua sarana dan prasarana darurat selalu dalam keadaan siap pakai dan berfungsi dengan baik.

“K3 di lingkungan kerja BPJS Kesehatan sangat penting untuk diketahui dan dilaksanakan di kantor BPJS Kesehatan, mengingat selain dari para duta atau pegawai itu sendiri. Sebagai badan hukum publik yang memberikan pelayanan langsung kepada peserta tentunya keselamatan peserta yang mendapatkan layanan di kantor BPJS Kesehatan juga menjadi perioritas apabila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, oleh karenanya manajemen K3 harus tetap dioptimalkan,” ucap Budi Kamis 27 Mei 2021.

Sementara itu Hery Wahyudi selaku Narasumber dari Damkar menyampaikan sesuai dengan Undang-Undang No 1 Tahun 1970 tentang Penaggulangan kebakaran, bahwa sistem manajamen K3 adalah suatu sistem pengelolaan K3 Penaggulangan kebakaran yang terintegrasi dengan kegiatan operasi agar berjalan aman, handal efisien dan berwawasan lingkungan serta merupakan integral dari keseluruhan sistem manajamen Perusahaan.

Hery juga mengapresiasi terkait dengan manajemen K3 di kantor BPJS Kesehatan yang telah di implementasikan dengan baik sehingga dapat menunjang pekerjaan dan layanan yang diberikan kepada masyarakat.

“Sebagai Instansi yang berwenang dan menaungi terkait dengan menajemen K3 di Kabupaten Kotawaringin Timur kami sangat berterimakasih kepada BPJS kesehatan yang telah dengan baik memperhatikan sistem K3, dan juga kami mengimbau apabila ada hal-hal kejadian seperti kebakaran dan lainnya yang memang tidak bisa ditangani sendiri segera melaporkan kepada kami,” tutup Hery.

Lewat kegiatan ini juga dilaksanakan simulasi terkait dengan penanganan pemadaman api menggunakan apar dan juga simulasi evakuasi penyelamatan apabila terjadi kebakaran.

(adv/im/beritasampit.co.id).