Pilkades di Mura Bisa Berkaca Pada Pilkada Sukses Terapkan Prokes

LULUS/BERITA SAMPIT - Anggota DPRD Murung Raya, Rabul Yakin, Amd., Kep.

PURUK CAHU – Pilkades Serentak di Kabupaten Murung Raya (Mura) kali ini digelar dalam kondisi yang tak biasa, yakni pandemi Covid-19. Oleh karenanya, anggota DPRD Mura, Rabul Yakin meminta penyelenggaraan Pilkades dilaksanakan penuh dengan kehati-hatian, dengan mengedepankan keselamatan dan kesehatan masyarakat pemilih.

‘Kita melihat bahwa ini adalah Pilkades pertama juga dalam masa pandemi Covid-19, untuk itu kita juga melakukan kegiatan Pilkades Serentak ini dengan penuh kehati-hatian, dan tentunya adalah yang spesifik terhindar penularan Covid-19,” jelasnya, Kamis 27 Mei 2021.

Rabul juga menekankan, pentingnya keamanan dan keselamatan masyarakat yang diletakkan di atas agenda politik, meski keduanya sama-sama dinilai penting untuk menjalankan roda pemerintahan.

BACA JUGA:   Mura Miliki Potensi Kembangkan Ayam Potong

“Kita tidak ingin terjadinya penularan karena agenda politik, karena keamanan keselamatan rakyat jauh lebih penting daripada agenda politik pemerintahan, meskipun agenda politik pemerintahan penting untuk menjamin adanya pemerintahan yang kuat termasuk kepala desa yang mendapatkan legitimasi rakyat,” imbuhnya.

Politis Partai Persatuan Pembangunan (PPP) itu juga berharap penyelenggaraan Pilkades Serentak berkaca pada penyelenggaraan Pilkada yang dinilai sukses menerapkan protokol kesehatan.

“Kita harapkan Pilkades tidak menjadi penularan. oleh karena itu, kita fokus semua pada Pilkada, all out dengan berbagai upaya termasuk melibatkan semua stakeholder yang ada dengan harapan pilkada tahun 2020 lalu dapat berjalan aman dari penularan Covid dan menjadi contoh bagi pemilihan kepala desa,” terangnya.

BACA JUGA:   DPRD Minta Pemda Tekan Angka Pengangguran dan Kemiskinan

Ia menambahkan, pemungutan suara yang diatur dengan protokol kesehatan Covid-19 ini hendaknya menjadi contoh bagi penyelenggara, panitia penyelenggara dan semua pihak stakeholder yang terkait dalam rangka Pilkades yang akan dilaksanakan pada 9 Juni mendatang. (Lulus/beritasampit.co.id).