Pemprov Kalteng Apresiasi Gerdayak Bantu Pembangunan Daerah

SAMBUTAN : IST/BERITA SAMPIT - Staf Ahli Gubernur Kalteng Bidang Ekonomi, Keuangan, dan Pembangunan Yuas Elko saat membaca sambutan di Hari Ulang Tahun ke-11 Gerakan Pemuda Dayak (Gerdayak)

PALANGKA RAYA – Gubernur Kalteng Sugianto Sabran saat diwakili Staf Ahli Gubernur Kalteng Bidang Ekonomi, Keuangan, dan Pembangunan Yuas Elko menghadiri Hari Ulang Tahun ke-11 Gerakan Pemuda Dayak (Gerdayak) Indonesia dengan mengusung Tema “Merawat Keragaman Masyarakat Dayak Dengan Falsafah Budaya Huma Betang”, kegiatan itu dilaksanakan di Betang Hapakat Jl. RTA Milono, Palangka Raya, Sabtu 29 Mei 2021.

Pada kesempatan itu Yuas Elko saat membacakan sambutan tertulis Gubernur Kalteng Sugianto Sabran menyampaikan, Pemerintah Provinsi Kalteng mengapresiasi pelaksanaan Peringatan HUT Ke-11 Gerdayak Indonesia Tahun 2021.

Sebagaimana diketahui, Peringatan Hari Ulang Tahun ke-11 Gerdayak dirangkai dengan kegiatan ziarah ke Taman Makam Pahlawan (TMP) Sanaman Lampang, syukuran, silaturahmi antara ormas-ormas Dayak, Lomba Bela Diri Tradisional Dayak, Lomba Sastra Lisan Dayak, Workshop dan seminar.

BACA JUGA:   Pertarungan Sengit Jika Lima Elit Politik Ini Maju di Pilgub Kalteng

Hal ini membantu Pemerintah Daerah dalam meningkatkan rasa kesadaran Berbangsa, Kebersamaan sosial yang tumbuh dari kebudayaan, sejarah, dan aspirasi perjuangan masa lampau, serta kebersamaan dalam menghadapi tantangan global saat ini, sehingga mengembangkan perilaku sebagai bangsa yang meyakini Nilai-nilai budayanya, yang akhirnya membentuk karakter bangsa.

“Pada kesempatan ini, atas nama masyarakat dan jajaran Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah, saya mengucapkan Selamat kepada Pengurus Gerdayak Indonesia, saya berharap agar segenap pengurus serta peserta mampu membangun suasana harmonis dan demokratis dengan tetap menjunjung tinggi semangat kebersamaan dalam falsafah Huma Betang, persatuan dan kesatuan, sehingga kegiatan ini dapat menghasilkan suatu rumusan keputusan atau rekomendasi yang produktif sebagai bahan masukan kepada Pemerintah Pusat, Pemerintah Daerah dan para pemangku kepentingan lainnya,” ucapnya.

BACA JUGA:   Simpan Tiga Paket Sabu, Pria di Palangka Raya Ditangkap Polisi 

Dengan demikian potensi konflik dalam masyarakat dapat diminimalisir, serta dapat bersinergi dengan Pemerintah, sebagai mitra dalam percepatan Pembangunan di segala bidang.

Lebih lanjut, pihaknya berharap agar pengurus bersama dengan masyarakat memberikan kontribusi dalam pembangunan bagi kepentingan Bangsa dan Negara serta masyarakat Kalteng.

Pemrov Kalteng juga mengucapkan terima kasih kepada masyarakat pada umumnya serta ormas dayak dan Gerdayak pada khususnya atas kerja keras dan dukungannya pada Pilkada Kalteng Tahun 2020.

“Dukungan dan kerja keras tersebut tidak dapat saya balas satu persatu, tetapi kami akan memberikan Kinerja yang terbaik bersama-sama dengan masyarakat serta seluruh komponen Pemerintah Daerah dalam mewujudkan Kalteng Semakin Berkah,” pungkasnya.

(Hardi/Beritasampit.co.id)