Wagub dan Kapolda Kalteng Tinjau Proses Vaksinasi Massal Lansia di Pulang Pisau

PENINJAUAN : IST/BERITA SAMPIT - Wakil Gubernur Kalimantan Tengah Edy Pratowo dan Kapolda Kalteng Irjen Pol Dedi Prasetyo saat meninjau vaksinasi massal di Kabupaten Pulang Pisau.

PULANG PISAU – Wakil Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) Edy Pratowo bersama Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kalteng meninjau langsung pelaksanaan vaksinasi massal di Puskesmas Jabiren, Kabupaten Pulang Pisau (Pulpis), Sabtu 29 Mei 2021.

Target sasaran vaksinasi massal di Desa Jabiren, berjumlah kurang lebih 200 orang. Peserta vaksinasi adalah lansia di atas 60 tahun ke atas yang berprofesi sebagai guru dan juga pelayanan publik.

Masyarakat yang melaksanakan vaksinasi massal berasal dari Desa Jabiren ini berasal dari Desa Garong, Desa Henda, Desa Sakakajang, Desa Simpur, Desa Jabiren, Desa Pilang, Desa Tumbang Nusa dan Desa Tanjung Taruna.

Pada kesempatan Edy Pratowo mengatakan bahwa pelaksanaan vaksinasi massal ini merupakan arahan langsung dari Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo.

“Presiden RI Joko Widodo berpesan kepada Gubernur dan Wakil Gubernur Kalteng, tolong vaksinasinya bisa dilakukan secara massal serentak secepat mungkin,” ucapnya.

BACA JUGA:   Golkar Berhasil Rebut Delapan Kursi DPRD Kalteng, Abdul Razak Kandidat Kuat KH 1

Sesuai dari arahan Gubernur Kalteng Sugianto Sabran, yakni dalam waktu sepuluh hari kedepan, secara aktif melakukan vaksinasi. “Hari ini juga dilakukan vaksinasi terhadap lansia, yang dimana vaksin ini untuk membentuk imun ditubuh kita. Imun tubuh berbeda saat sudah melakukan vaksinasi, dan yang belum melakukan vaksinasi,” jelasnya.

Edy Pratowo berpesan kepada masyarakat agar setelah divaksin tetap patuh menerapkan protokol kesehatan yakni 3 M (memakai masker, menjauhi kerumunan dan mencuci tangan dengan air).

“Setelah divaksin, masyarakat tetap jaga protokol kesehatannya, agar tidak sakit. Hal ini dilakukan agar penyebaran Covid-19 dapat ditekan dan Kalteng dapat segera menuju zona hijau,” tandasnya.

BACA JUGA:   Partai Nasdem Pertahankan Lima Kursi DPRD Kalteng

Pada kesempatan itu Kapolda Kalteng Irjen Pol Dedi Prasetyo juga ikut meninjau secara langsung kegiatan vaksinasi masal di Kabupaten Pulang Pisau, sebagai upaya untuk mengatasi pandemi Covid-19.

“Ini adalah upaya kita untuk percepatan vaksin sehingga masyarakat Kalimantan Tengah pada umumnya dan Kabupaten Pulpis khususnya terbentuk ketahanan imunitas. Tentunya ini sangat diharapakan agar masyarakat Kalimantan Tengah terhindar dari paparan Covid-19,” jelas Dedi.

Selain meninjau penyelenggaraan vaksinasi massal, Dedi bersama rombongan juga mengecek penerapan protokol kesehatan mulai dari penggunaan masker, menjaga jarak, hingga ketersediaan tempat cuci tangan dengan sabun.

Pada kesempatan itu hadir secara langsung Direktur RSUD dr. Doris Sylvanus Palangka Raya Yayu Indriaty. Dari Pemerintah Daerah hadir Plt. Bupati Pulang Pisau Pudjirustaty Narang. (Hardi/beritasampit.co.id).