Babinsa Koramil 1015-16/Hanau Suport Perajin Pandai Besi di Desa Binaan

KUALA PEMBUANG – Babinsa Koramil 1015-16/Hanau Serda Ahmad Kujaini melakukan giat Komunikasi Sosial (Komsos) di tempat perajin pandai besi di Desa Rungau Raya, Kecamatan Danau Seluluk, Minggu 30 Mei 2021.

Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan dukungan kepada perajin pandai besi setempat, serta pembinaan dan penyuluhan untuk pengembangan usaha mereka ke depannya.

Selain itu, dengan adanya kegiatan ini diharapkan kemanunggalan antara TNI dan rakyat, terutama Babinsa di wilayah binaannya selalu terjalin dengan baik.

Danramil 1015-16/Hanau Kapten Inf Maspur mengatakan, giat komsos ini juga salah satu cara untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Peralatan-peralatan yang di produksi, diharapkan bisa di pasarkan dengan lebih meluas. Ibarat rantai ekonomi, perajin pandai besi berperan sebagai produsen yang akan menyediakan berbagai macam peralatan untuk perorangan atau kelompok yang membutuhkan.

Konsumen terbesarnya adalah para petani, serta beberapa orang yang meminta untuk dibuatkan peralatan/senjata tradisonal khas suku mereka.

Usaha yang sudah mereka jalani secara turun temurun dari generasi ke generasi ini mengalami penurunan selama masa pandemi. Mereka berharap, ke depannya pemasaran dan produksi kembali normal sehingga perekonomian kembali stabil.

Danramil 1015-16/Hanau Kapten Inf Maspur berharap perajin pandai besi tetap berkarya dan semangat untuk mempertahankan usahanya. “Semoga ada inovasi-inovasi untuk berkembang, sehingga keadaan karena pandemi kembali membaik, bahkan distribusinya meluas hingga keluar kota, bahkan luar daerah,” kata dia.