Kadin Kalteng Berharap Akses Jalan Pelabuhan Segintung Segera Dibangun

IST/BERITA SAMPIT - Ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Kalteng Rahmat Nasution Hamka.

PALANGKA RAYA – Keluarnya pernyataan Presiden Joko Widodo perihal pembangunan pelabuhan, tetapi tidak didukung akas jalan, menjadi perhatian serius Ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Kalteng Rahmat Nasution Hamka. Pasalnya, di Kalteng juga ada pelabuhan yang sudah dibangun, tetapi belum memiliki akses jalan yang memadai.

Ketua Kadin Kalteng Rahmat Nasution Hamka mengatakan, Kadin Kalteng sangat mendukung pernyataan Presiden Jokowi agar pembangunan pelabuhan juga disertai dengan pembangunan akses jalan.

Dirinya menilai, akses jalan sangat penting agar pelabuhan yang telah dibangun dapat dimaksimalkan penggunaannya.

“Kita sangat mendukung pernyataan presiden tersebut. Untuk Kalteng ada pelabuhan Segintung di Kabupaten Seruyan yang belum ada akses jalan. Padahal, pembangunan pelabuhan tersebut menelan dana yang cukup besar,” ucap Rahmat Hamka, Senin 31 Mei 2021.

Selain Segintung, Kalteng juga memiliki pelabuhan Bahaur di Kabupaten Pulang Pisau. Akses menuju pelabuhan tersebut juga belum memadai, sehingga perlu mendapat perhatian bersama.

BACA JUGA:   BPBD Seruyan Distribusikan 12.700 kg Beras untuk Korban Banjir di Kecamatan Batu Ampar

“Kadin mendorong, agar pembangunan akses jalan menuju pelabuhan di Kalteng, khususnya Segintung segera dituntaskan. Ini penting, agar pelabuhan dapat difungsikan dan dirasakan manfaatnya dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi Kalteng,” ujarnya.

Rahmat berharap, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalteng di bawah kepemimpinan Gubernur Sugianto Sabran dan Wagub Edy Pratowo, pembangunan di Kalteng dapat dimaksimalkan.

“Saya yakin kepemimpinan Bapak Gubernur Sugianto Sabran, Kalteng Makin Berkah di periode kedua dan akan dapat menyelesaikan hal tersebut. Karena kita tahu di periode pertama, sudah banyak menuntaskan infrastruktur jalan penghubung lintas kabupaten, yang juga sebagian menuntaskan PR pemerintahan sebelumnya,” tegasnya.

Anggota DPR RI Periode 2014-2019 menjelaskan, salah satu contoh keberhasilan Gubernur Sugianto Sabran di periode pertama, yakni pembangunan infrastruktur jalan poros Pangkalan Bun – Kotawaringin Lama di Kotawaringin Barat, yang menghubungkan ke Kabupaten Sukamara dan Lamandau. Dan saat ini sudah sangat terasa bagi pergerakan ekonomi masyarakat.

BACA JUGA:   Ingin Kelabui Petugas Pos Penyekatan PPKM, Pria Ini Malah Masuk Bui

“Kemudian Jalan Bukit Rawi poros arah Palangka Raya menuju Barito yang selalu banjir, sekarang sudah ditangani oleh pusat atas terobosan usulan Pak Gubernur Sugianto untuk dibangun pile slab. Begitu juga harapan kita agar pelabuhan Segintung bisa segera beroperasi, dan itu harus dibangun akses jalan, tentunya Pak Gubernur Sugianto akan memberikan perhatian terhadap hal tersebut, bagaimana skema pembiayaan penanganannya. Karena pemerintah pusat yang memulai, maka kita berharap juga harus bertanggung jawab menuntaskannya, sebagaimana arahan dan harapan pak presiden,” pungkasnya.

(Kawit/beritasampit.co.id)