Minggu Ceria, Perpustakaan Keliling Si Komos TNI Sambangi Warga Desa Samuda Kecil

SERIUS : IST/BERITA SAMPIT - Warga Desa Samuda Kecil, Kecamatan MHS, Kotim, Kalteng, terlihat serius membaca buku yang disiapkan melalui program perpustakaan keliling Si Komos.

SAMPIT – Sejumlah anak dan remaja di Desa Samuda Kecil, Kecamatan Mentaya Hilir Selatan (MHS), Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim), Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng), terlihat senang dengan hadirnya perpustakaan keliling.

Perpustakaan keliling itu menggunakan kendaraan roda tiga program sarana interaksi dan komunikasi sosial (Si Komos) Koramil 1015-06/Mentaya Hilir.

Babinsa Koramil 1015-06/Mentaya Hilir Serda Agus mengatakan, program tersebut merupakan program manunggal TNI dengan rakyat. Koramil 1015-06/Mentaya Hilir menjalankan inovasi pemberdayaan kemanunggalan TNI dengan rakyat, melalui perpustakaan keliling sebagai Si Komos di wilayah binaan.

“Si Komos menggunakan kendaraan roda tiga yang dimodifikasi menjadi perpustakaan menuju ke beberapa lokasi salah satunya, di Desa Samuda Kecil menghampiri anak-anak yang ingin belajar,” ujar Serda Agus, Minggu 30 Mei 2021.

Secara terpisah, Danramil 1015-06/Mentaya Hilir Letda Inf Margus menambahkan, beberapa anak dan orang tua mengaku senang dengan adanya Si Komos yang datang ke sekitar tempat tinggal mereka karena anak-anak bisa belajar melalui fasilitas tersebut.

“Ada buku-buku yang bisa dibaca sehingga anak-anak mengaku senang bisa belajar melalui kendaraan itu,” ujar Letda Inf Margus.

Dia menjelaskan, sarana tersebut merupakan sistem pendidikan kreatif dengan menghadirkan suasana gembira bagi anak di masa pandemi sekarang ini.

“Harapannya program tersebut mampu mengobati rindu mereka akan suasana belajar di sekolah karena sudah lama menjalani sistem pembelajaran online,” pungkasnya. (ifin/beritasampit.co.id).