Musim Kemarau, Kapolda Kalteng Ajak Masyarakat Waspadai Karhutla

FOTO : ANNAS/BERITASAMPIT - Kapolda Kalteng Irjen Pol Dedi Prasetyo, didampingi Sekda Kalteng, Fahrizal Fitri, serta pejabat lainnya melaksanakan kunjungan ke Kabupaten Katingan

KASONGAN – Kapolda Kalteng, Irjen Pol Dedi Prasetyo, didampingi Sekda Kalteng, Fahrizal Fitri, serta pejabat lainnya melaksanakan kunjungan ke Kabupaten Katingan dalam rangka mengecek kesiapan sarana dan prasaran Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla).

Pasalnya, berdasarkan prediksi cuaca dari BMKG, pada bulan Juni 2021 sudah memasuki musim Kemarau. Kedatangan Kapolda Kalteng Irjen Pol Dedi Prasetyo, beserta rombongan di lokasi pengecekan Sarana dan Prasaranan Penanggulangan Karhutla di Jalan Tjilik Riwut Km 5 Kasongan -Palangkaraya tersebut disambut oleh Wakil Bupati Katingan Sunardi N.T Litang, dan Kapolres Katingan AKBP Andri Siswan Ansyah SIK.

Setelah selesai pengecekan, Irjen Pol Dedi Prasetyo, memberikan bantuan perlengkapan penunjangan alat penanggulangan Karhutla secara simbolis kepada Satgas Kebencanaan di Kabupaten Katingan.

“Kepada Masyarakat dalam rangka menghadapi musim kemarau. Saya harapkan agar bisa menjaga hutan dan lahannya dengan baik, serta jangan melakukan pembakaran secara sembarangan. Perhatikan aturan di dalam Pergub dan kearifan lokal. Saya rasa masyarakat Dayak Kalimantan Tengah paham hal itu. Bagaimana membuka lahan dengan kearifan lokalnya,” jelas Irjen Pol Dedi Prasetyo.

BACA JUGA:   Penyuluh Agama dan Anggota Asosiasi Keagamaan Diharapkan Mampu Jalankan Tugas

Lanjutnya mengatakan dirinya sangat mengapresiasi kinerja pemerintah Kabupaten Katingan, baik itu Polri dan TNI Satgas Kebencanaan serta pihak terkait lainnya dalam melaksanakan persiapan penanggulangan terjadi Karhutla. Sehingga diharapan semuanya harus benar-benar siaga untuk mengantisipasi datangnya bencana Karhutla.

Sementara, Wakil Bupati Katingan Sunardi N.T Litang, menyambut baik atas kunjungan Kapolda Kalteng dalam rangka pengecekakan persiapan menghadapi terjadinya Karhutla terutama di Kabupaten Katingan.

“Wilayah Kabupaten Katingan untuk saat ini masih terkendali, karena kita bersyukur dengan kondisi alam saat ini masih ada turun hujan. Untuk kelengkapan sarana dan prasarana penanggulangan Karhutla juga sudah siap,” jelasnya.

BACA JUGA:   Kecamatan Ketapang dan Baamang Dapat Bagian Berkah dari Pemprov Kalteng

Sunardi, berharap kepada semua masyarakat mengingatkan agar tidak melakukan pembakaran hutan dan lahan secara sembarangan. Sebab, jika ingin membuka lahan dengan cara dibakar sudah ada aturannya di dalan Peraturan Gubernur.

“Kapolda sudah menjelaskan, maka silahkan ikuti aturan sesuai Peraturan Gubernur tersebut. Saya harapkan yang terpenting jangan melakukan pembakaran sembarangan ikuti aturan yang ada,” singkatnya.

Perlu diketahui, usai pengecekakan perlengkapan sarana dan prasaran Karhutla. Kapolda Kalteng, Irjen Pol Dedi Prasetyo, didampingi Sekda Kalteng, Fahrizal Fitri, kembali melaksanakan peninjauan vaksinasi massal di Puskemas Kereng Pangi, Kecamatan Katingan Hilir.

(Annas/beritasampit.co.id)