Ketua DPRD Palangka Raya Ingatkan Warga Waspada Penipuan Seleksi PPPK

ASN di Kota Palangka Raya. (Ist_dok.Ant/Rendhik Andika)

PALANGKA RAYA – Ketua DPRD Kota Palangka Raya, Provinsi Kalimantan Tengah, Sigit K Yunianto, mengingatkan warga di daerah setempat, untuk mewaspadai penipuan bermodus seleksi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) tahun 2021.

Menurutnya, saat ini proses seleksi penerimaan pegawai semakin transparan, salah satunya dengan pelaksanaan tes menggunakan sistem CAT dan dilaksanakan oleh BKN.

“Masyarakat agar waspada. Jangan sampai tertipu jika ada oknum yang mengaku bisa mengurus kelulusan peserta dengan syarat memberi sejumlah uang. Saya juga tetap mengajak masyarakat untuk turut melakukan pengawasan terkait pelaksanaan tes penerimaan pegawai guna memastikan seluruh proses dilakukan sesuai SOP,” kata Sigit, Senin 31 Mei 2021.

BACA JUGA:   Dinkes Kalteng: Kasus COVID-19 Pada Anak-anak Cukup Tinggi

Politisi PDI Perjuangan itu juga meminta pemerintah Kota Palangka Raya memastikan potensi kecurangan seleksi penerimaan pegawai PPPK diantisipasi agar setiap peserta mendapat hak yang sama.

Masyarakat juga harus bersiap-siap mengikuti seleksi mulai dari kesiapan fisik, mental maupun persiapan dalam menghadapi materi-materi yang akan diujikan. Selain itu juga aktif dan berkala mencari informasi penerimaan PPPK tersebut.

Sebelumnya Kasubbid Perencanaan, Seleksi dan Penilaian Kinerja Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Palangka Raya, Masrukin, mengatakan pada 2021 akan ada perekrutan 184 formasi guru PPPK.

Ditambahkan bahwa, pada tahun 2021 Pemerintah Ibu Kota Provinsi Kalimantan Tengah tidak melakukan perekrutan terhadap Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS).

BACA JUGA:   Generasi Muda Harus Mampu Ambil Peran Aktif Yang Positif Atasi Masalah Bangsa

“Tahun ini tidak ada perekrutan CPNS, hanya PPPK dan itu juga hanya formasi guru. Kami belum mengumumkan syarat atau pun teknis pendaftaran karena juknisnya belum keluar,” katanya.

Jika petunjuk teknis perekrutan PPPK telah diterima maka pihak BKPSDM Palangka Raya akan segera mengumumkan informasi tersebut kepada masyarakat yang salah satunya dilakukan melalui laman resmi https://bkpsdm.palangkaraya.go.id.

Di laman tersebut juga terdapat kualifikasi pendidikan untuk PPPK formasi guru tahun 2021 serta modul belajar mandiri terkait persiapan penerimaan PPPK yang dapat diunduh secara gratis.

(BS-65/beritasampit.co.id)