Legislator Ini Dukung Percepatan Perluasan Jaringan Listrik PLN ke Pelosok Kotim

Wakil Ketua DPRD Kotim, Hairis Salamad.

SAMPIT – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim), Kalimantan Tengah, mendukung penuh percepatan perluasan jaringan listrik oleh PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) untuk melayani kelistrikan hingga ke desa-desa di kawasan pelosok.

Menurut Wakil Ketua DPRD Kotim, Hairis Salamad, pasokan listrik sangat dibutuhkan masyarakat, termasuk di kawasan pelosok. Sebab dengan ketersediaan listrik akan dapat menunjang kegiatan ekonomi masyarakat, pendidikan bahkan pelayanan pemerintah.

Saat reses ke daerah pemilihan, legislator yang mewakili wilayah utara meliputi Kecamatan Parenggean, Antang Kalang, Telaga Antang, Mentaya Hulu, Tualan Hulu dan Bukit Santuai ini banyak menerima aspirasi masyarakat terkait harapan layanan listrik dari PLN untuk menunjang aktivitas masyarakat.

Saat ini masih banyak desa yang belum terjangkau jaringan listrik PLN sehingga warga mengandalkan listrik bertenaga surya, diesel bahkan lampu minyak. Masyarakat hanya bisa pasrah karena usulan mereka belum juga dikabulkan.

BACA JUGA:   Pengamat Sampaikan Penyebab Mahalnya Tiket Pesawat di Kotim

“Hasil diskusi kami dengan PLN di Palangka Raya, peluang untuk perluasan jaringan itu terbuka. DPRD siap mendukung upaya-upaya PLN agar bisa mudah melaksanakan itu,” kata Hairis, dikutip dari Antara.

Sementara itu, PLN terus berupaya memperluas jangkauan layanan kelistrikan, bahkan ada desa yang segera dijangkau agar warganya bisa menikmati layanan listriknya. Namun masih banyak desa yang belum terjangkau jaringan listrik karena beberapa kendala.

Selain luas dan rumitnya geografis, PLN juga kabarnya terkendala izin dari perusahaan yang lahannya dilintasi jaringan listrik, padahal izin itu sangat dibutuhkan agar jaringan bisa menjangkau hingga ke desa.

Hairis berharap kepada perusahaan yang wilayahnya dilintasi pembangunan jaringan listrik PLN bersedia membantu dengan memberikan izin, karena ini demi kepentingan masyarakat luas.

BACA JUGA:   IPMK Palangka Raya Mengajukan Dana Hibah, Ketua Komisi I DPRD Kotim: Kami Akan Bantu

Politisi Partai Amanat Nasional ini juga mengajak pemerintah daerah untuk sama-sama membantu PLN agar bisa lebih mudah melaksanakan perluasan jaringan listrik.

Hairis berjanji akan terus mendorong agar perluasan jaringan listrik PLN bisa segera terwujud. Dia optimistis terbukanya keterisolasian kelistrikan juga akan terpengaruh besar terhadap perekonomian dan kesejahteraan masyarakat.

“Informasi yang kami dapat, masih ada 49 desa yang belum teraliri listrik PLN. Ini harus menjadi perhatian kita bersama. Kita dorong sama-sama, apalagi PLN juga merespons positif. Kalau ada kendala, kita harus bantu PLN mencari solusinya agar harapan ini bisa terwujud,” harap Hairis.

(BS-65/beritasampit.co.id)