Bupati Barsel Ikuti Peringatan Hari Lahir Pancasila Secara Virtual Dipimpin Presiden

IST/BERITA SAMPIT - Bupati Barsel H. Eddy Raya Samsuri, ST beserta seluruh jajaran Forkopimda Barsel mengikuti upacara peringatan Hari Kelahiran Pancasila, 1 Juni 2021.

BUNTOK – Bupati Barito Selatan (Barsel) H. Eddy Raya Samsuri, ST bersama seluruh unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) dan segenap unsur pimpinan SOPD Barsel mengikuti upacara peringatan Hari Lahir Pancasila secara virtual, Selasa 1 Juni 2021, di aula Kantor Bupati setempat.

Peringatan Hari Lahir Pancasila tahun 2021 ini mengambil tema “Pancasila Dalam Tindakan Bersatu Untuk Indonesia Tangguh”. Kegiatan ini dipusatkan di Gedung Pancasila Jakarta dan Presiden RI Joko Widodo bertindak selaku Inspektur Upacara.

Joko Widodo mengatakan, tantangan yang dihadapi Pancasila diera globalisasi dan interaksi antar belahan dunia tidak serta merta meningkatkan kesamaan pandangan dan kebersamaan. Kata Dia, harus diwaspadai meningkatnya rivalitas dan kompetesi termasuk rivalitas antar pandangan rivalitas antara nilai-nilai dan rivalitas antar ideologi.

BACA JUGA:   Tokoh Pemuda Desa Baru Gelar Lomba Pawai Tanglong dan Bagarakan Sahur

Menurut Jokowi, ideologi transnasional cenderung semakin meningkat memasuki berbagai lini kehidupan masyarakat dengan berbagai cara dan berbagai strategi. Perkembangan ilmu pengetahuan, dan teknologi juga mempengaruhi laskap kontestasi ideologi.

Revolusi industri 4.0, telah menyediakan berbagai kemudahan dalam berdialog dalam interaksi dan berorganisasi skala besar lintas negara. Ketika konektifitas 5G melanda dunia, maka interaksi antar dunia juga akan semakin cepat.

Kemudahan ini, kata Jokowi, bisa digunakan oleh ideologi-ideologi transnasional radikal untuk merambah ke seluruh pelosok Indonesia, ke seluruh kalangan dan ke seluruh usia tidak mengenal lokasi dan waktu.

Menurut Dia, kecepatan ekspansi ideologi transnasional radikal bisa melampaui standar normal ketika memanfaatkan disrupsi teknologi.

BACA JUGA:   Tim Eddy Raya Serahkan Berkas Pendaftaran Bacalon Bupati Barsel ke Partai Demokrat dan Perindo

Jokowi juga mengajak seluruh aparat pemerintahan, toko agama, tokoh masyarakat, para pendidik, kaum profesional, generasi muda Indonesia serta seluruh rakyat Indonesia untuk bersatu padu dan bergerak aktif memperkokoh nilai-nilai Pancasila dalam mewujudkan Indonesia maju.

Sementara itu, Bupati Barsel H. Eddy Raya Samsuri, ST usai mengikuti upacara peringatan Hari Lahir Pancasila yang digelar serentak dan secara virtual tersebut kepada mengatakan, dengan memperingati Hari Lahir Pancasila ini diharapkan lebih meningkatkan lagi akan ideologi Pancasila.

Orang nomor satu di Bumi Dahani Dahanai Tuntung Tulus ini mengajak seluruh masyarakat Barsel untuk menghindari akan radikalisme, yakni dengan cara lebih meningkatkan lagi ideologi Pancasila, serta dengan bersama-sama, membangun daerah. (Ded/beritasampit.co.id).