Pererat Keakraban, Koramil Mentaya Hulu Komunikasi Sosial Ke Pembuat Perahu Ces

KOMSOS : IST/BERITA SAMPIT - Anggota Koramil 1015-13/Mentaya Hulu melakukan komunikasi sosial ke pembuat perahu ces di Desa Penyahuan, Kecamatan Bukit Santuai, Kotim, Kalteng.

SAMPIT – Upaya membangun kedekatan bersama warga di desa binaan tepatnya di Desa Penyahuan, Kecamatan Bukit Santuai, Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim), Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng), anggota Koramil 1015-13/Mentaya Hulu melakukan komunikasi sosial (Komsos) kepada Ahmad Yani, seorang pembuat perahu ces.

“Komsos saya kali ini bersama bapak Ahmad Yani bertujuan untuk meningkatkan kerja sama dan solidaritas yang tinggi antara Babinsa bersama warga, dan sebagai Babinsa baru, saya harus cepat beradaptasi dan membaur bersama warga, sehingga informasi sekecil apapun dapat cepat kami ketahui melalui penyampaian warga,” ujar Babinsa Koramil 1015-13/Mentaya Hulu Serda M Haris, Selasa 2 Juni 2021.

Menurutnya, melalui komsos itu sebagai langkah untuk membangun komunikasi dan menjalin silaturahmi yang baik dengan seluruh warga termasuk di Desa Panyahuan.

Hal tersebut dilakukanya, sambungnya, selain sebagai bentuk tugas dan tanggung jawab selaku Babinsa Koramil 1015-13/Mentaya Hulu juga sebagai salah satu sarana agar keberadaan babinsa baru di desa tersebut dapat diterima baik oleh seluruh masyarakat, sehingga terwujud kemanunggalan TNI bersama rakyat.

“Selain itu juga, untuk mengetahui kondisi sosial masyarakat di desa binaan, dan kami akan tau keluh kesah masyarakat serta dapat menambah ilmu pengetahuan tentang pembuatan perahu tradisional, dan ini sangat bermanfaat bagi saya,” kata Serda Haris.

Terpisah, Danramil 1015-13/Mentaya Hulu Kapten Inf Jonson Munthe menuturkan, kebersamaan masyarakat bersama Babinsa saling memberi masukan dan motivasi mengembangkan pembuatan perahu ces.

“Ini patut dihargai karena ini merupakan budaya turun temurun dan sampai kapanpun diperlukan kecuali sungai kering. Wujud kepedulian antar sesama serta menjalin kekeluargaan yang baik sehingga, dapat mendukung tugas-tugas pokok Babinsa di lapangan, sekaligus ini merupakan contoh ke depannya untuk mampu dikelola dikembangkan secara modern,” ujar Kapten Inf Jonson Munthe

Selain itu, Kapten Inf Jonson Munthe juga mengimbau, jangan lupa untuk selalu mematuhi protokol kesehatan dengan memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak agar terhindar dari Covid-19 ini karena virus ini ada dan nyata.

(ifin/beritasampit.co.id)