Bahas Stunting, BKKBN RI Kunjungi Katingan

ANNAS/BERITASAMPIT - Bupati Katingan Sakariyas, saat menyambut kedatangan Kepala BKKBN RI beserta rombongan, di gedung Salawah Kasongan, Rabu 2 Juni 2021.

KASONGAN – Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Republik Indonesia (RI), Haslo Wardoyo, melaksanakan kunjungan kerja ke Kabupaten Katingan.

Kunjungam kerja tersebut dalam rangka dalam rangka safari Generasi Berencana (Genre) akselerasi penanganan stunting, sekaligus launching pelayanan Keluarga Berencana (KB) Metode Kontrasepsi Jangka Panjang (MKJP) Implant 1 batang dan evaluasi pelaksanaan Pendataan Keluarga (PK21), di di gedung Salawah Kasongan, Rabu 2 Juni 2021.

Bupati Katingan Sakariyas, menyampaikan ucapan selamat datang dan terimakasihnya karena Kepala BKKBN RI, bersama rombongan sudah berkunjung ke Kabupaten Katingan dalam rangka safari Genre akselerasi penanganan stunting, sekaligus launching pelayanan Keluarga Berencana (KB) di Kabupaten Katingan.

Menurutnya, untuk mengimplementasikan kegiatan-kegiatan prioritas program kependudukan, keluarga berencana dan pembangunan keluarga secara utuh. Pemerintah Kabupaten Katingan memiliki 27 Kampung KB di 13 Kecamatan yang ada di Katingan, dengan tujuan meningkatkan derajat kesejahteraan masyarakat, guna membentuk dan mewujudkan keluarga berkualitas.

BACA JUGA:   Pemkab Katingan Sosilalisasi Kompetisi Gagasan Inovatif 2024

“Sebagai pimpnan daerah yaitu Bupati Katingan menyampaikan terimakasih atas kunjungan kerja Kepala BKKBN RI dan Ayah Bunda Genre Provinsi Kalteng ke Kabupaten Katingan. Dimana di tengah-tengah Pandemi covid-19 Katingan terpilih enjasi tempat kunjungan dan Launching pertama implant satu batang. Mudah-mudahan dengan adanya launching implant satu batang ini mampu mengatasi pertumbuhan penduduk yang masih tinggi, dan mampu meningkatkan ekonomi keluarga sehingga tingkat kesejahteraan penduduk semakin meningkat di Kabupaten Katingan,” jelas Mantan Pimpinan Bank kalteng Cabang Kasongan ini.

Lanjutnya menambahkan, terkait Generasi Remaja (Genre) yaitu program yang mendepankan pembentukan karakter bangsa di kalangan generasi muda. Sebab, program Genre merupakan wadah untuk mengembangkan karakter bangsa karena mengajarkan remaja menjauhi pernikahan dini, seks pranikah dam Napza guna menjadikan remaja remaja tangguh produktif, inovatif dan dapat berkontribusi dalam pembangunan.

BACA JUGA:   Dua Hari Pencarian, Muhroji Ditemukan dalam Kondisi Tak Bernyawa

“Dalam program Genre ada dua pendekatan yaitu pusat informasi konseling Remaja (PIK-R) dan perencana kehidupan berkeluarga bagi remaja (PKBR). Dan di Kabupaten Katingan terdapat 49 PIK-R dan 43 BKT dan tentunya berencana sebagai salah satu upaya pemerintah mempersiapkan mereka menjadi keluarga-keluarga yang berkualitas dimasa yang akan datang,” pungkasnya.

Turut hadir mendampingi Haslo Wardoyo, ke Kabupaten Katingan yaitu Bupati Gunung Mas, Jaya S Moning beserta Istri Mimie Mariati ( sebagai Ayah dan Bunda Genre Provinsi Kalimantan Tengah). Kedatangan rombongam disambut Bupati Katingan Sakariyas, beserta istri Daurwati, dan Ketua DPRD Katingan, serta sejumlah Kepala Satuan Organisasi Perangkat Daerah (SOPD) Pemerintah Kabupaten Katingan.

(Annas/beritasampit.co.id)