Anggota Komite I DPD RI Bangga Umat Hindu di Labuhan Bisa Bangun Pura Agung Datu Magintir

PENYAMBUTAN : SIN/BERITA SAMPIT - Anggota Komite I Bidang Hukum DPD RI, Shri I Gusti Ngurah Arya Wedakarna disambut Umat Hindu Labuhan.

BARABAI – Anggota Komite I Bidang Hukum DPD RI, Shri I Gusti Ngurah Arya Wedakarna bangga terhadap umat Hindu di Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST). Kebanggaan itu Arya ungkapkan setelah mendatangi Pura Agung Datu Magintir di Desa Labuhan, Kecamatan Batang Alai Selatan (BAS).

“Saya salut sekali dengan Pura ini, luar Bali dengan ukuran segini cukup besar. Ini termasuk momentum yang membanggakan. Saya bahagia,” kata President the Hindu Center of Indonesia itu usai sembahyang, Senin 7 Juni 2021 malam.

Setahun yang lalu, ucap Arya, ia sudah mendengar cerita gotong royong pembangunan Pura tersebut pada penggalangan dana seluruh Indonesia, “termasuk partisipasi dari Bali,” ungkapnya.

Dia mendorong umat Hindu di Labuhan agar berkembang. Banyak petuah yang disampaikan, terkait menjaga persatuan, toleransi dan mencerdaskan anak muda yang ada, terutama dari Dayak Meratus umat Hindu.

Arya Wedakarna juga berharap, desain pura yang ada itu tidak hanya melulu ornamen dari pura yang ada di Bali. Ia menyarankan agar lebih menerapkan budaya lokal, khas masyarakat Meratus.

“Makanya tadi ada usulan seperti balai Kaharingan. Sama dengan di Jawa, ada model candi seperti itu,” jelas lelaki kelahiran Denpasar tahun 1980 ini.

Kedatangan Arya Wedakarna ini diakhiri dengan memberikan Pusaka Majapahit Tri Ananta yang akan disucikan, kitab suci dan sumbangan untuk pembangunan Pura Agung Magintir. Selain itu, Arya juga menyerahkan prasasti sebagai tanda DPD RI dari Senayan telah hadir.

Diketahui, kedatangannya tersebut sekaligus kunjungan kerja dengan Penjabat Gubernur Kalimantan Selatan (Kalsel) terkait PSU Pilkada.

“Setalah pertemuan ini kita akan galang dana untuk pura ini. Mudah-mudahan bisa dituntaskan total dibangun dan diresmikan,” tutup Arya. (sin/beritasampit.co.id).