Ketua KPU dan Bawaslu RI Tinjau Jalannya PSU Pilgub Kalsel di TPS 7 Tanjung Rema Martapura

Ketua KPU RI, Ilham Saputra, bersama Ketua Bawaslu RI, Abhan, meninjau TPS 7 PSU Pilgub Kalsel di Desa Tanjung Rema, Martapura, Kabupaten Banjar, Rabu 9 Juni 2021.//Ist-Antara/Yose Rizal;

BANJARMASIN – Ketua Komisi Pemilihan Umum RI, Ilham Saputra, bersama Ketua Badan Pengawas Pemilihan Umum, Abhan, meninjau TPS 7 Pemungutan Suara Ulang (PSU) Pemilihan Gubernur (Pilgub) Kalimantan Selatan (Kalsel) di Desa Tanjung Rema, Martapura, Kabupaten Banjar, Rabu 9 Juni 2021.

“Kedatangan kami untuk memantau langsung pelaksanaan PSU di Kalsel dan diharapkan proses pemungutan suara bisa berjalan aman, tertib, dan lancar serta masyarakat bisa memilih calon pemimpin,” ujar Ilham Saputra.

Sementara, Ketua Bawaslu Abhan, mengatakan, pihaknya sudah menginstruksikan jajaran Bawaslu Kalsel dan kabupaten kota untuk menjalankan tugas dan fungsinya dengan baik dan benar sesuai aturan yang ditetapkan.

“Kami sudah meminta seluruh jajaran Bawaslu melaksanakan tugas dan fungsi dengan penuh integritas dan profesional serta berpegang aturan dan ketentuan sehingga apa yang baik hasilnya,” ujar Abhan menambahkan.

BACA JUGA:   Korban Banjir di Hulu Sungai Tengah Terima Bantuan 7,8 ton beras

Selain pengawasan yang dilakukan Bawaslu, Abhan menekankan agar masyarakat juga bisa melakukan pengawasan dengan tetap berpegang pada aturan hukum agar hasil pemungutan suara bersih tanpa adanya kecurangan.

“Jika ada laporan terkait kecurangan, tentu sesuai prosedur akan kami tindaklanjuti bahkan bukan hanya laporan tetapi juga temuan lapangan akan ditindaklanjuti membuktikan ada tidaknya pelanggaran,” kata dia. Dikutip dari Antara.

Sementara, Penjabat Gubernur Kalsel, Safrizal ZA, berharap proses pemungutan suara di TPS yang melaksanakan PSU baik di Kabupaten Banjar, Kota Banjarmasin maupun Kabupaten Tapin berjalan lancar, aman, dan kondusif.

“Kami berharap semua lancar dan sejak tadi malam hingga pemungutan suara hari ini, berjalan tertib, aman, dan lancar tanpa hambatan. Semoga semua tetap aman sehingga suasana kondusif terus terpelihara,” kata Safrizal.

BACA JUGA:   Mendagri: Tunda Pembayaran Tunjangan Kinerja ASN Yang Enggan Vaksin

Kesempatan yang sama, Kapolda Kalsel, Irjen Pol Rikwanto, mengatakan, pihaknya menurunkan ribuan personel yang ditugaskan pada tempat pemungutan suara hingga pengamanan setelah pencoblosan selesai dilaksanakan.

“Personel yang diturunkan menjaga keamanan baik sebelum maupun sesudah pemungutan ribuan orang dan khusus di Kabupaten Banjar telah diturunkan 600 personel, sampai saat ini semua aman dan lancar,” katanya.

Untuk diketahui, peninjauan tersebut diikuti Penjabat Gubernur Kalsel Safrizal ZA didampingi Forkopimda Kalsel baik Kapolda Irjen Rikwanto, Danrem 101/Antasari Brigjend Firmansyah, maupun Ketua DPRD Kalsel Supian AH dan Kajati.
Kegiatan juga diikuti anggota Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) Alfitra Salamm, Bupati Banjar Saidi Mansyur dan Wabup Said Idrus serta unsur Forkopimda Banjar dan Sekda Banjar M Hilman.

(BS-65/beritasampit.co.id)