PSU Pilkada Kalsel 2020, KPU Banjarmasin: Pemilih Cukup Antusias Datang ke TPS

Pemilih datang di TPS 16 Kelayan Selatan, Banjarmasin Selatan untuk ikuti PSU Pilgub Kalsel tahun 2020, Rabu 9 Juni2021.//Ist-Antaranews Kalsel/Sukarli;

BANJARMASIN – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Banjarmasin, menyebutkan, pemilih antusias mengikuti Pemungutan Suara Ulang (PSU) Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada)  Kalimantan Selatan 2020 pasca putusan Mahkamah Konsitusi (MK) yang digelar Rabu 9 Juni 2021.

“Pantauan kami, ke TPS-TPS cukup antusias pemilih datang untuk mencoblos,” ujar anggota KPU Kota Banjarmasin Syafruddin Akbar, dimana dirinya menyatakan memantau di wilayah Kelurahan Mantuil, Banjarmasin Selatan. Dikawasan ini terdata jumlah tempat pemungutan suara (TPS) sebanyak 29 TPS.

“Rata-rata yang kami dapat laporan sejak pagi tadi antusias pemilih datang ke TPS cukup tinggi, moga berlanjut demikian hingga siang,” ujarnya.

BACA JUGA:   Langkah Muhammad Syauqie untuk Menjadi Gubernur Kalteng Terhalang Ini

Dikutip dari Antara, sebagaimana dinyatakan Ketua KPU Kota Banjarmasin, Rahmiyati Wahdah sebelumnya, target pemilihan PSU Pilgub Kalsel di Kecamatan Banjarmasin Selatan sebesar 79 persen.

Adapun jumlah TPS yang menggelar PSU Pilgub Kalsel di Kota Banjarmasin, yakni di Banjarmasin Selatan sebanyak 301 TPS yang tersebar di 12 kelurahan dengan jumlah pemilih sebanyak 107.782 jiwa sesuai daftar pemilih tetap (DPT).

Dari pantauan Antara di TPS 16 Kelurahan Kelayan Selatan, Banjarmasin Selatan dinyatakan hingga pukul 09.30 WITA sudah mencapai sekitar 200 pemilih datang menggunakan hak suaranya dari DPT di TPS itu sebanyak 495 jiwa.

Sebagaimana diketahui, Pilkada Kalsel tahun 2020 sesuai putusan Mahkamah Konsitusi (MK) harus digelar PSU di tujuh kecamatan, yakni, lima kecamatan di Kabupaten, Astambul, Matraman, Martapura, Aluh-Aluh dan Sambungan Makmur.

BACA JUGA:   Fajrurahman Sosok yang Patut Diperhitungkan di Pilkada Kotim

Kemudian, pada 24 TPS di Kecamatan Binuang, Kabupaten Tapin, dan seluruh TPS di Banjarmasin Selatan, Kota Banjarmasin.

Di mana total TPS yang akan digelar pada 827 titik, dengan jumlah pemilih sesuai daftar pemilih tetap (DPT) sebanyak 266.736 jiwa.

Pasangan calon gubernur dan wakil gubernur di Pilkada Kalsel 2020 adalah, Paslon nomor urut 1, H Sahbirin Noor dan H Muhidin, Paslon nomor urut 2, Prof H Denny Indrayana dan H Difriadi Derajat.

(BS-65/beritasampit.co.id)