Terkait Wisata Trinsing, Pemkab Barito Utara Lakukan Koordinasi ke Dinas PUPR Kalteng

Kadis PUPR Barito Utara, M Iman Topik didampingi Kadisbudparpora, Annisa Cahyawati saat lakukan koordinasi dan komunikasi ke Dinas PUPR Kalteng di Palangka Raya, Selasa 8 Juni 2021.//Ist-Antara/Dinas PUPR Barut;

MUARA TEWEH – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Barito Utara melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) serta Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Kepemudaan dan Olahraga (Disbudparpora) setempat, melakukan koordinasi dengan Dinas PUPR Kalimantan Tengah (Kalteng), terkait pengembangan potensi kawasan wisata Desa Trinsing Kecamatan Teweh Selatan.

Dalam koordinasi itu Kadis PUPR dan Kadisbudparpora Barito Utara diterima oleh Kabid Sumber Daya Air, Mansaji, bersama Kasi Operasional dan Kasi Pelaksanaan Dinas PUPR Provinsi Kalteng.

Pengembangan kawasan Trinsing itu berhubungan dengan konstruksi bangunan maupun pengembangan pembangunan sektor wisata berupa waterboom mini di kawasan bendungan Trinsing serta hal-hal yang potensial dalam pengembangan dan penanganan kawasan bendung.

BACA JUGA:   Penumpang Kapal dari Pelabuhan Sampit ke Pulau Jawa Disebut Melonjak

“Koordinasi yang kita dilakukan ini guna menyinkronkan beberapa perencanaan yang akan dikembangkan maupun sumber anggaran atas beberapa rencana kegiatan tersebut,” kata Kepala Dinas PUPR Barito Utara, Muhammad Iman Topik, Rabu 9 Juni 2021.

Menurut dia, dalam koordinasi tersebut disampaikan beberapa usulan terkait penangganan bendungan Trinsing, baik berhubungan dengan konstruksi bendungan maupun pengembangan pembangunan sektor wisata berupa waterboom.

“Kita juga mengharapkan dalam koordinasi ini menghasilkan beberapa arahan yang dapat dipedomani sebagai dasar untuk tindaklanjut dilapangan sesuai aturan dan ketentuan yang berlaku,” kata Topik.

BACA JUGA:   Petahana Banyak yang Tumbang, Berikut Nama-nama Caleg yang Berhasil Dapatkan Kursi DPRD Kalteng

Kepala Disbudparpora, Annisa Cahyawati, menyampaikan kepada pihak provinsi untuk kiranya dapat mendukung dan mengawal atas rencana pembangunan dan pengembangan wilayah wisata berupa pembangunan waterboom mini, sehingga rencana program pembangunan tersebut akan sinergis sesuai mekanisme yang berlaku.

“Diharapkan apabila pembangunan ini terlaksana, maka akan menambah beberapa infrastruktur yang sudah ada sebelum sebagai sarana wisata publik di Kabupaten Barito Utara,” ujarnya.

(BS-65/beritasampit.co.id)