Berbincang Santai Bersama Pelaku Usaha, Begini Tujuan Bupati Katingan

ANNAS/BERITA SAMPIT - Bupati Katingan Sakariyas saat menyampaikan sambutan, di halaman Kebun Raya Katingan, Jumat 11 Juni 2021.

KASONGAN – Dalam rangka merekatkan hubungan tali silaturahmi antara Pemerintah, Pelaku Usaha, Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) dan Stockholder Kabupaten Katingan, Bupati Katingan Sakariyas bincang santai dengan pelaku usaha, di Kebun Raya Katingan, Jumat 11 Juni 2021.

Tujuan kegiatan tersebut untuk saling bersinergi mempercepat kemajuan pembangunan Kabupaten Katingan yang bermartabat dalam masa pandemi Covid-19, yang digagas oleh Dinas Penanaman Modal dan PTSP Kabupaten Katingan.

“Saya menyambut baik berbincang santai dengan pelaku usaha. Hal ini dilakukan untuk membagun kebersamaan yang melibatkan seluruh Stakeholder (masyarakat, dunia usaha, dan pemerintah) untuk dapat terjalin tali silaturahmi secara continue,” jelas Sakariyas.

Sehingga, saran, masukan dan pemikiran yang sudah disampaikan dalam acara ini. Dirinya harapkan untuk kemajuan usaha dan kesejahteraan masyarakat di Kabupaten Katingan dan sebagai bahan Pemerintah Daerah merumuskan kebijakan lebih lanjut dalam percepatan kemajuan pembangunan di Kabupaten Katingan.

“Kemudian, apabila dilakukan secara bersama pasti bisa, sesuai moto daerah Penyang Hinje Simpei, walau dalam kondisi Covid-19, namun bukan sebagai penghalang bagi kita melanjutkan pembangunan. Saya harapkan juga bagi pelaku UMKM dan Besar seperti Rumah Makan, Toko, Pemilik Bangunan Walet, Industri Pangan/Makanan dan usah sektor besar lainnya, serta masyarakat yang memiliki kewajiban terhadap pajak dan retribusi daerah adalah sebagai insan yang bijak, karena wajib dan sadar akan pajak dan retribusi daerah. Termasuk juga hibah daerah yang menjadi kewajiban pribadi dan perizinan usaha perusahaan,” tegasnya.

BACA JUGA:   Madu Kelulut Banyak Khasiatnya, Pemkab Katingan Bahas Strategi Pemasaran dan Management Usaha

Kepada Lembaga permodalan atau perbankan di Katingan, Sakariyas meminta agar dapat membantu masyarakat bidang permodalan ataupun keuangan dengan persyaratan usaha sudah memiliki perizinan yang sah dan kepada perangkat daerah selaku pembina teknis.

“Saya meminta untuk dapat melakukan pembinaan secara aktif agar pelaku usaha sektor dan UMKM dapat bergerak maju mendukung pertumbuhan perekonomian di Kabupaten Katingan,” pungkasnya.

Sementara itu, dalam kesempatan yang sama, Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Satu Pintu atau PTSP Kabupaten Katingan, Karya Darma menyampaikan, selain acara bincang santai ini adalah merekatkan hubungan tali silaturahmi antara Pemerintah, Pelaku Usaha, UMKM dan Stockholder untuk saling bersinergi mempercepat kemajuan pembangunan.

BACA JUGA:   Kasus Korupsi Tujangan Khusus Guru PNS di Katingan Seret Mantan Bendahara Dinas Pendidikan

Menurutnya, untuk membuka kesulitan agar saling terbuka dalam mengatasi permasalahan/kendala para pelaku usaha baik besar maupun UMKM supaya dapat bergerak secara bersama agar pertumbuhan ekonomi dan realisasi penanaman modal di daerah semakin meningkat dan bangkit kembali seperti sebelumnya.

Perlu diketahui, hadir pada acara bincang santai tersebut dari pelaku UMKM yakni dari UMKM ArisKA Kambang Lenge, Madu Hutang Karuing, Al-Hikmah, Bajakah Group, Induk Kopi, Kaysha Kelulut, Lure Handmade, Cherish Food, Creative Mandiri, dan Sinar Terang.

Kemudian, dari pelaku usaha Bidang Kehutanan, Bidang Perkebunan, Bidang Pertambangan. Kemudian, dari Asosiasi, Perbankan, Instansi Vertikal, Forum KoordinasiPimpinan daerah seperti Ketua DPRD Katingan, Wakil Bupati Katingan, Kapolres Katingan, Pabung 1015 Kasongan, Kejaksaan Negeri Katingan, Ketua Pengadilan Negeri Kasongan, sejumlah Kepala Satuan Organisasi Pimpinan Daerah, serta tamu undangan yang hadir.

Usai Kegiatan, Bupati Katingan Sakariyas, memberikan piagam penghargaan secara simbolis kepada pelaku usaha di Kabupaten Katingan, salah satunya kepada pihak Bisma Kencana dan Putra Katingan Pratama. (Annas/beritasampit.co.id).