Dewan Ingatkan Pemdes Aktif Perbarui Profil Desa

LULUS/BERITA SAMPIT - Wakil Ketua Komisi I DPRD Mura, Tuti Marheni.

PURUK CAHU – Wakil Ketua Komisi I Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Murung Raya (Mura), Tuti Marheni mengatakan, profil desa/kelurahan sangat penting sebagai dasar dalam menyusun perencanaan dan program pembangunan di desa/kelurahan.

“Saya selaku wakil rakyat, mengingatkan pentingnya profil desa/kelurahan, saya meminta kepada pemerintah desa/kelurahan agar aktif memperbarui profil desa/kelurahan masing-masing, setiap tahunnya,” kata Tuti saat dikonfirmasi, Jumat 11 Juni 2021.

Politisi Partai Nasional Demokrat (Nasdem) itu menuturkan, profil desa/kelurahan merupakan data menyeluruh mengenai karakter desa/kelurahan, yang meliputi data dasar keluarga, potensi sumber daya alam, sumber daya manusia, hingga permasalahan desa/kelurahan.

BACA JUGA:   Doni Siap Bertarung di Pilkada Murung Raya 

“Keberadaan profil desa/kelurahan menjadi dasar perencanaan, pelaksanaan, evaluasi pembangunan, serta pemberdayaan masyarakat yang ada di desa/kelurahan. Ketersediaan data yang valid merupakan salah satu elemen penting dalam perencanaan pembangunan,” tuturnya lagi.

Dimana keberadaan profil desa/kelurahan, lanjut Tuti, sangat penting dalam mendukung pelaksanaan kebijakan Pemerintah. Adanya gambaran yang lengkap dari suatu desa/kelurahan akan memudahkan berbagai pihak untuk berpartisipasi dalam proses pembangunan.

BACA JUGA:   Doni Siap Bertarung di Pilkada Murung Raya 

“Saya mengimbau kepada pemerintah desa/kelurahan di Kabupaten Mura, agar aktif dalam memperbarui profil desa/kelurahan masing-masing. Apalagi kita berharap dengan Kepala Desa yang baru terpilih ini bisa membawa perubahan untuk desanya, serta bisa bersinergi dengan Pemerintah Kabupaten,” pungkasnya. (Lulus/beritasampit.co.id).