Dukung Pelaku Kerajinan Khas dan UMKM, Kadin Jalin Kerjasama dengan Dekranasda Kalteng

(Ist-Kadin Kalteng)

PALANGKA RAYA – Ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Kalimantan Tengah (Kalteng) Rahmat Nasution Hamka bersama jajaran melakukan pertemuan dengan Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kalteng, Yulistra Ivo Azhari Sugianto Sabran, Kamis 10 Juni 2021. Salah satu pembahasan pada pertemuan itu terkait kerjasama memajukan dan mendukung pelaku kerajinan khas daerah Provinsi Kalteng.

RNH panggilan akrab Rahmat Nasution Hamka, mengatakan, melalui silaturahmi tersebut selain sebagai upaya untuk mempererat kekeluargaan, juga banyak hal yang perlu dibicarakan tentang program Kadin kedepan demi kemajuan Kalteng, salah satunya terkait pengembangan usaha yang melibatkan pelaku kerajinan khas Kalteng dan pelaku UMKM.

Menurut RNH, pihaknya juga telah melakukan koordinasi tersebut, baik ke pemerintah daerah, Balai Wilayah Sungai dan instansi lainnya.

“Melalui silaturahmi dan koordinasi ini nanti akan bermuara pada sinergi dan kolabarosi membangun daerah, menuju Kalteng Semakin Berkah,” kata RNH.

Kadin Kalteng, sebutnya, telah berkomitmen untuk memajukan pengusaha daerah, khususnya pelaku UMKM yang diharapkan dapat ditingkatkan perannya menjadi pengusaha yang dapat membantu perekonomian masyarakat Kalteng.

BACA JUGA:   DPD RTI Kalteng Gelar Seminar Nasional dan Rekrutmen Anggota

“Dukungan Kadin terhadap pengembangan usaha dan UMKM ini tidak lain dalam rangka membantu pemulihan ekonomi. Ini sesuai dengan arah dan keinginan Gubernur Kalteng Sugianto Sabran, agar pelaku usaha terutama Kadin dapat membantu pemerintah dalam pemulihan ekonomi,” ucapnya.

RNH mengaku optimis, dengan sinergi, koordinasi dan kolaborasi, perekonomian Kalteng akan tumbuh dengan baik.

“Banyak hal yang kita diskusikan dan bisa dilakukan Kadin bersama Dekranasda  mengembangkan pelaku  kerajinan dan UMKM, dalam rangka peningkatan ekonomi masyarakat. Harapan kita ini dapat terwujud dengan baik, sehingga Kalteng Semakin Berkah dapat diwujudnyatakan,” kata RNH, saat pertemuan itu didampingi Ketua Dewan Pertimbangan HM Rizal, Wakil Ketua Hasanuddin Noor, Suhardi, Alfian Batnakanti dan Frans Martinus, serta Direktur Eksekutif Rusdi dan Humas Kadin Kalteng Arjoni.

Pada kesempatan itu Ketua Dekranasda Kalteng, Ivo Sugianto Sabran, menyambut baik kunjungan Kadin Kalteng dan memastikan siap bersinergi dalam mengembangkan kerajinan khas Kalteng guna peningkatan ekonomi masyarakat, khususnya pelaku kerajinan tangan dan UMKM.

Ivo juga berharap, pengusaha yang tergabung di Kadin dapat menjadi bapak asuh bagi pelaku kerajinan tangan di Kalteng. Pasalnya, pelaku kerajian tangan di Kalteng mengalami kendala dalam mengembangkan usahanya, terkait dengan permodalan.

BACA JUGA:   Kapolda Kalteng Instruksikan Pulau Hanaut Prioritas Vaksinasi Covid-19, Camat: Kami Siap

“Dari kerjasama yang kita bangun ini semoga nantinya ada investor dari Kadin yang siap menjadi bapak asuh bagi pelaku kerajinan daerah dan UMKM Kalteng, yang diharapkan pelaku kerajinan daerah juga pelaku UMKM dapat mengembangkan usaha hingga Go Internasional,” ungkap Ivo.

Istri orang nomor satu di Bumi Tambun Bungai ini menyatakan, bahwa Dekranasda terus mendorong pelaku kerajinan daerah dan UMKM untuk mengembangkan usahanya. Bahkan, bagi pelaku kerajinan daerah dan UMKM yang menitipkan hasil kerajinan dan produk UMKM di gerai Dekranasda diberikan secara gratis.

“Itu kita lakukan dalam rangka mendukung pelaku kerajinan dan UMKM. Harapan kita kedepan dengan sinergi dan koordinasi serta kolaborasi yang baik antara Dekranasda dan Kadin, pelaku kerajinan dan UMKM kita dapat bersaing ke level internasional,” pinta Ivo, didampingi Kadis Koperasi dan UMKM, Ati Mulyati, serta jajarannya di kantor Dekranasda Kalteng.

(BS-65/beritasampit.co.id)