Seekor Beruang Lapar Masuk Ke Kawasan Pemukiman Warga Sampit

IST/BERITA SAMPIT - Komandan Pos BKSDA Sampit, Muriansyah saat cek lokasi kemunculan beruang yang terekam CCTV warga di Jalan Set Aji Lingkar Utara Sampit, Jumat 11 Juni 2021.

SAMPIT – Seekor beruang memasuki kawasan pemukiman warga di jalan lingkar utara Kelurahan Baamang Barat, Kecamatan Baamang, Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim).

Aktivitas beruang berwarna hitam yang diduga lapar dan mencari makan di sekitar pemukiman tersebut diketahui setelah terekam CCTV milik warga setempat.

Kehadiran beruang tersebut tentunya membuat warga sekitar resah, dengan berharap Pemerintah Kabupaten Kotim melalui instansi terkait dapat menindaklanjuti untuk menangkap hewan dilindungi tersebut.

“Saya telah melaporkan ke pihak BKSDA Sampit, dan alhamdulillah langsung di respon dengan mencek lokasi dimana beruang itu muncul,” kata Purwa, warga pemilik CCTV yang merekam aktivitas beruang tersebut.

Sementara, Komandan Pos Jaga BKSDA Sampit, Muriansyah mengatakan, beruang yang terekam CCTV warga tersebut jenis beruang madu.

BACA JUGA:   Status Tanggap Darurat Banjir di Kotim Diperpanjang

“Video kemunculan beruang tersebut terekam pada hari Rabu 09 Juni 2021 malam. Beruang terpantau dari pukul 22.00 sampai dengan 24.00 Wib,” kata Muriansyah, saat dikonfirmasi media ini, Jumat 11 Juni 2021.

Melihat dari aktivitas hewan tersebut diduga kuat hewan itu datang mencari makan, karena di sekitar pemukiman ada kebun nanas dan beruang tersebut memakan buah tersebut.

“Kita sudah melakukan pengecekan sekitar lokasi kemunculan Beruang, dan menemukan jejak tapak kaki, bekas cakaran dan kotorannya. Di depan rumah pelapor, ada kebun nanas yang tidak terurus, kita liat ada bekas batang dan buah nanas yang di makan hewan itu,” paparnya.

Selain itu, petugas BKSDA juga menemukan adanya kandang ayam milik tetangga pelapor, serta lebatnya semak belukar dengan pepohonan yang mengelilingi sekitar rumah dimana beruang tersebut muncul.

BACA JUGA:   Pemkab Kotim Buka Seleksi JPT Untuk Jabatan Inspektur

“Dalam 10 hari belakangan ini telah menerima 4 kali kemunculan beruang di sekitar pemumiman warga, seperti di Perumahan Griya Mandiri, Perumahan Bintang Jaya, Perumahan Wengga Metro Politan dan terakhir di Perumahan di Jalan Set Aji Lingkar utara,” terangnya.

Dengan seringnya beruang muncul ke wilayah pemukiman warga, tidak menutup kemungkinan habitatnya telah rusak, sehingga hewan tersebut memasuki pemukiman warga untuk mencari makan.

“Sementara ini tindakan kita memberikan pengarahan dan imbauan kepada warga, dan meminta segera melapor apabila Beruang kembali ke tempat tersebut,” demikian Muriansyah. (Cha/beritasampit.co.id).