Beruang Masuk Pemukiman Warga, BKSDA Pasang Perangkap

IST/BERITA SAMPIT - Petugas dari BKSDA Sampit memasang perangkap beruang, dilokasi kemunculan berunag di jalan Set Aji Lingkar Utara Sampit. Sabtu 12 Juni 2021.

SAMPIT – Mencegah terjadinya konfllik antaran manusia dan beruang madu yang beberapa waktu lalu muncul diareal pemukiman warga. Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Sampit, Kalimantan Tengah, melakukan tindakan lanjutan upaya evakuasi beruang dengan memasang satu set perangkap khusus. Sabtu 12 Juni 2021.

“Tindak lanjut dari laporan warga tentang kemunculan dan gangguan beruang di sekitar pemukiman warga, di jalan Set Aji Lingkar Utara ini, saya di bantu 2 anggota Manggala Agni, melakukan pemasangan 1 set perangkap Beruang,” kata Komandan Pos Jaga BKSDA Sampit, Muriansyah.

BACA JUGA:   Galian C Diduga Ilegal di Kawasan Perkebunan Kelapa Sawit Cempaga Harus Ditertibkan

Untuk memancing satwa dilindungi tersebut keluar, pihaknya juga telah memasang umpan makanan kesukaan hewan tersebut, seperti buah Nanas dan hati Ayam.

“Semoga saja beruang ini bisa tertangkap dan cepat kita evakuasi. Sehingga masyarakat di sekitar lingkar utara ini tidak lagi resah dengan kemunculan beruang tersebut,” paparnya.

Setelah memasang perangkap tersebut, pihaknya juga kembali memberikan pengarahan dan imbauan pada warga yg tinggal di sekitar lokasi pemasangan perangkap.

“Tetap waspada dan berhati-hati keluar pada malam hari, sebab dugaan awal penyebab beruang mendekati areal tersebut, karena ada tanaman buah dan kandang ternak warga,” tutupnya.

BACA JUGA:   Aksi Curanmor Digagalkan Warga, Pelaku Dapat Bogem Mentah

Sebelumnya pada Rabu 9 Juni lalu, seekor beruang cukup besar berwarna hitam terekam CCTV warga sekitar pemukiman warga Jalan Set Aji Lingkar utara Sampit.

Kehadiran beruang yang lapar mencari makan disekitar kawasan pemukiman itu, sontak saja membuat warga sekitar resah, dengan berharap Pemerintah Kabupaten melalui instansi terkait dapat menindaklanjuti untuk menangkap hewan dilindungi tersebut.

(Cha/beritasampit.co.id)