Cegah Penyebaran Covid-19, Sertu Yulian Segah Ingatkan Pedagang Pasar Buah Disiplin Prokes

Sertu Yulian Segah, anggota Denzibang 2/Palangkaraya, membantu memasang masker kepada salah seorang pedagang buah di Jalan Diponegoro Palangkaraya, Kelurahan Pahandut, Kecamatan Pahandut Kota Palangkaraya, Jumat 11 Juni 2021.//Ist-BS;

PALANGKARAYA – Salah satu tugas yang diperintahkan kepada prajurit TNI adalah untuk senantiasa memberikan sosialisasi protokol kesehatan (prokes) dimanapun berada dan bertugas.

Guna terus mendukung perintah dalam menekan penyebaran Covid-19, prajurit TNI dituntut aktif melaksanakan kegiatan himbauan dan sosialisasi disiplin prokes dengan harapan dapat menciptakan kondisi masyarakat yang patuh dan sadar melaksanakan aturan dalam penerapan prokes.

Untuk itu, Detasemen Zeni Bangunan 2 Palangkaraya (Denzibang 2/Palangkaraya) yang merupakan satuan jajaran Zidam XII/Tanjungpura, memiliki program untuk berpartisipasi dalam pencegahan Covid 19 secara bertahap dan berkelanjutan.

“Partisipasi kita bersama terutama Prajurit TNI AD sangat dibutuhkan dalam memutus rantai penyebaran Covid 19, sehingga kita harus berbuat walaupun itu hal kecil tetapi wujud nyata langkah pencegahan Covid 19 itu yang penting,” demikian disampaikan Komandan Denzibang 2/Palangkaraya Letkol Czi Gerald Nusra.

BACA JUGA:   Di Tengah Pandemi Peminat Ikan Cupang Terbilang Tinggi

Menindaklanjuti perintah tersebut, prajurit TNI diminta peka terhadap lingkungan sekitar terutama yang belum menerapkan protokol kesehatan untuk mengingatkan dan berbuat semaksimal mungkin apa yang bisa dilakukan guna menekan penyebaran Covid-19.

Hal inilah yang dilakukan Sertu Yulian Segah, yang sedang melaksanakan tugas melaksanakan pengawasan di rumah Dinas Korem 102/Pjg. Jumat 11 Juni 2021.

Ketika melihat beberapa pedagang di Jalan Diponegoro Palangkaraya, Kelurahan Pahandut, Kecamatan Pahandut ,Kota Palangkaraya, belum menggunakan masker hati, anggota Denzibang 2/Palangkaraya ini tergerak untuk mengingatkan para pedagang setempat.

Dengan cara yang ramah diselingi senda gurau, ia membagikan masker dan membantu mengenakan masker kepada pedagang sembari mengingatkan kepada pedagang dan pembeli agar tetap mematuhi protokol kesehatan dengan selalu memakai masker saat beraktivitas, tidak berkerumun dan, selalu cuci tangan dengan sabun.

BACA JUGA:   Sugianto Minta Satgas Covid-19 Jangan Kendor

Sertu Yulian Segah mengatakan, bahwa hal ini dilakukan selain untuk mamastikan setiap perorangan menggunakan alat pelindung diri yang benar juga untuk meningkatkan kemanunggalan TNI dengan rakyat.

“Perlu diketahui bersama, bahwa penularan utama virus Covid 19 adalah melalui mulut, hidung maupun mata dari droplet yang bertebaran yang dikeluarkan oleh orang yang terinfeksi virus korona (Covid 19). Untuk itu, penggunaan masker yang sesuai dengan standart kesehatan merupakan faktor penting yang harus dilakukan,” Demikian Sertu Yulian Segah.

(BS-65/beritasampit.co.id)