Dewan : Harus Ada PBS Sebagai Percontohan

IST/BERITA SAMPIT - Wakil Ketua DPRD Kotawaringin Timur, H Rudianur.

SAMPIT – Wakil Ketua DPRD Kotawaringin Timur (Kotim) H. Rudianur meminta kepada pemerintah kabupaten agar bisa menentukan salah satu Perusahaan Besar Swasta (PBS) yang bisa menjadi  model acuan investasi sektor perkebunan kelapa sawit di bumi habaring hurung.

“Tujuan kami merekomendasikanadanya perkebunan sebagai percontohan ini, agar dunia investasi di Kotim bisa tertib dan berbenah seiring berjalannya waktu. Jadi harus ada ditetapkan perkebunan sebagai percontohan,” kata Rudianur, Sabtu 12 Juni 2021.

BACA JUGA:   Staf Kecamatan dan Forkompincam Adakan Penggalangan Dana, Sehari Rp 7 Juta

Lanjut legislatir senior dari partai Golkar ini nantinya kebun percontohan itu akan jadi acuan dan pembenahan bagi kebun lainnya di Kotim agar taat dan patuh dengan aturan yang ada. Seperti perizinannya, lahan HGU-nya, kesejahteraan masyarakat disekitarnya, dan lainya yang  menyangkut kewajiban PBS.

“Karena selama ini nyaris tidak ada perusahaan perkebunan yang bisa jadi contoh, baik itu tata kelolanya, perizinan hingga kepatuhan dengan ketentuan perundang-undangan lainnya,” beber Rudianur.

BACA JUGA:   Bupati Kotim Ucapkan Terima Kasih Pada Donatur Bantu Korban Banjir

Percontohan itu ditambahkan Rudianur mulai dari tertib perizinan, tertib adminitrasi, operasional dan aktif melaksanakan kewajiban seperti program tanggung jawab sosial perusahaan atau CSR , kebun plasma dan lain sebagainya.

(im/beritasampit.co.id).