Sugianto Sabran Awasi Vaksinasi Massal di Barsel

IST/BERITA SAMPIT - Gubernur Kalteng H Sugianto Sabran beserta rombongan yang didampingi Bupati Barsel H Eddy Raya Samsuri ST, saat meninjau lokasi vaksin di SMAN-1 Buntok

BUNTOK – Gubernur Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) H Sugianto Sabran menginginkan, pelaksanaan vaksinasi massal Covid-19 di Kalteng bisa sukses sesuai dengan rencana.

Sebab, yang ditargetkan bagi lansia di Kalteng ada 170.000 orang dan target yang diharapkan bisa mencapai 80 persen.

Hal tersebut dikatakan Gubernur Kalteng H Sugianto Sabran kepada awak media usai meninjau pelaksanaan vaksinasi massal di kota Buntok yang diberikan kepada tenaga pendidik, orang tua/wali murid berusia 50 tahun keatas, pra lansia dan lansia.

“Kunjungan kami hari ini adalah dalam rangka pengawasan vaksinasi massal dan memberikan dukungan agar pelaksanaan bisa sukses sesuai target mencapai 80 persen,” katanya.

Orang nomor satu di Kalteng ini pun juga mengimbau, kepada seluruh masyarakat Kalteng agar tidak takut divaksin.

“Sebab, dengan melakukan vaksin bertujuan agar herd immunity (red-kekebalan komunal) dapat terbentuk dan penularan virus Covid-19 dapat ditekan,” ungkapnya.

Ditambahkannya, untuk mendukung percepatan penanganan Covid-19 di Kalteng, Gubernur meminta peran media bisa mensosialisasikan kepada masyarakat tentang pentingnya vaksinasi.

BACA JUGA:   Ada 126 Anak di Barsel Terpapar Covid-19

“Kita harapkan bisa mengurangi angka kematian akibat wabah Covid-19 ini serta bisa menggendalikan laju penyebaran Covid-19,” jelas Sugianto Sabran.

Sementara itu Bupati Barsel H Eddy Raya Samsuri dalam laporannya menyampaikan, untuk kasus Covid-19 per 12 Juni 2021 terkonfirmasi 660 orang, dalam perawatan 14 orang, sembuh 654 orang dan meninggal dunia 22 orang.

Dikatakannya, target vaksinasi hingga saat ini per 12 Juni 2021 di Kabupaten Barsel sudah mencapai 71,4 persen capaian tersebut sesuai dengan petunjuk Gubernur Kalteng bahwa dalam 10 hari sudah mencapai target.

Dimana sebelumnya, target sudah mencapai 35 persen dan tepat pada hari ini untuk sasaran dan target realisasi untuk tenaga kesehatan dengan target 1.049 orang sudah terealisasi 1.176 orang ada 112,11 persen.

“Untuk pelayanan publik, target 10.068 orang sudah terealisasi 10.436 orang target 103,66 persen,”Jelasnya.

BACA JUGA:   Peduli Warga Terdampak Covid-19, Demokrat Barsel Bagikan Paket Sembako

Sedangkan untuk lansia lanjut orang nomor satu di Kabupaten yang bertajuk Dahanai Dahanai Tuntung Tulus Ini target 8.340 orang sudah terealisasi 2.320 orang atau kurang lebih 27,91 persen.

“Dengan total keseluruhan, yang sudah divaksin di Kabupaten Barsel adalah 19.457 orang dan target yang terealisasi sudah 13,940 orang dimana 71,4 persen sudah tercapai hari ini,” pungkasnya.

Untuk diketahui Kunjungan Gubernur Kalteng tersebut juga didampingi Danrem 102/PJG Brigjen TNI Purwo Sudaryanto dan Kapolda Kalteng Irjen Pol Dedi Prasetyo beserta rombongan.

Disambut langsung oleh, Bupati Barsel H Eddy Raya Samsuri ST beserta seluruh unsur Forkopimda Barsel diantaranya Wakil Ketua I DPRD Barsel H Moch Yusuf Kalem, Dandim 1012 Buntok Letkol Inf Dwi Tantomo S.I.P, Kapolres Barsel AKBP Agung Tri Widiantoro SIK,M.H serta Sekda Barsel Eddy Purwanto A.P, M.Si dan seluruh Kepala SOPD Barsel.

(Ded/beritasampit.co.id)