TNI – POLRI Sosialisasikan Bahaya Karhutla Untuk Warga Sumber Garunggung

TAMIANG LAYANG – Babinsa Koramil 07/Ampah Kodim 1012/Buntok Serka Kariato bersama Bhabinkamtibmas melaksanakan kegiatan sosialisasi pencegahan Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla), dilakukan dengan kegiatan menghimbau masyarakat agar tidak membakar dan mengurangi tingkat kebakaran hutan di Desa Sumber Garunggung, Kecamatan Dusun Tengah, Barito Timur, Sabtu 12 Juni 2021.

Serka Kariato mengatakan, seperti kita ketahui bersama bahwa beberapa minggu terakhir sudah terjadi kebakaran hutan dan lahan di beberapa wilayah, sehingga perlu adanya sosialisasi dalam rangka mencegah terjadinya kebakaran lahan dan hutan di wilayah tersebut.

BACA JUGA:   Kodim 1014/Pbn Tanam 600 Pohon

“Kami menghimbau kepada masyarakat, agar tidak lagi membuka lahan dengan cara membakar dan juga mengingatkan kepada masyarakat yang sedang membersihkan lahan agar menjaga api apabila sedang membakar, agar tidak terjadi kebakaran, apabila membuang puntung rokok agar puntung rokok sebelum dibuang harus dipastikan telah padam,” ujarnya.

Ia juga menyampaikan, kegiatan sosialisasi karhutla ini secara rutin dilaksanakan oleh Babinsa dan Bhabinkamtibmas untuk memantau titik api guna mencegah agar tidak terjadi kebakaran hutan dan lahan di wilayah tersebut, dengan mengajak masyarakat agar peduli guna mencegah terjadinya kebakaran lahan dan hutan.

BACA JUGA:   Kodim 1014/Pbn Tanam 600 Pohon

“Masyarakat terus kita beri himbauan dan edukasi tentang larangan membakar hutan dan lahan, dan kita juga mengajak masyarakat untuk bersama-sama menjaga hutan dan lahan serta melaporkan kepada aparat terdekat jika terjadi kebakaran di sekitar wilayah desa,” imbuhnya.

Ia juga berharap, melalui kegiatan sosialisasi dan himbauan dapat menambah kesadaran masayarakat akan pentingnya pencegahan kebakaran hutan dan lahan.

“Kebakaran hutan dan lahan ini mari kita cegah bersama dengan bersama-sama menjaga dan tidak melakukan pembakaran lahan untuk kepentingan apapun,” pungkasnya.

(Adr/beritasampit.co.id)