Tentukan Arah Kebijakan Berkelanjutan, Data SDGs Desa Penyaguan Dimutakhirkan

LEPAS ATRIBUT : ARIFIN/BERITA SAMPIT - Kades Penyaguan secara simbolis melepas atribut tim relawan pemutakhiran data SDGs Desa disaksikan Plt Camat Pulau Hanaut di balai desa setempat.

SAMPIT – Usai sudah tim relawan pendataan Sustainable Development Goals (SDGs) Desa Penyaguan, Kecamatan Pulau Hanaut, Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim), Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng), melakukan pendataan.

Kini, hasil data itu dimusyawarahkan melalui program Musyawarah Desa Khusus penetapan data SDGs Desa. Kegiatan itu dipusatkan Balai Desa Penyaguan, Minggu 13 Juni 2021, pagi.

“Salah satu pondasi perencanaan pembangunan desa berkelanjutan melalui data SDGs ini, arah kebijakan itu ada di pendataan tersebut,” ujar Pelaksana Tugas Camat Pulau Hanaut Sufiansyah di hadapan yang hadir.

BACA JUGA:   Jalan Sekitar Gerbang Sahati Kembali Dibuka

Tujuan dilakukan pendataan SDGs ini, lanjutnya, untuk memperoleh data yang valid, transparan dan dipertanggungjawabkan untuk perencanaan dan pembangunan desa kedepannya.

Sementara itu, Kepala Desa Penyaguan Zainal Abidin menambahkan, pada saat tim relawan melakukan pendataan di lapangan ditemukan ada data yang perlu perbaikan.

Dia mencontohkan, salah satunya apabila ada warga yang meninggal hendaknya segera dibuatkan laporan ke Pemerintah Desa.

BACA JUGA:   Pembelajaran Tatap Muka di SMK Negeri 1 Sampit Tetap Perketat Prokes

Data itu nantinya, lanjut Zainal, untuk perubahan data akan disampaikan ke Disdukcapil Kotim.

“Kami harapkan terutama Ketua RT/RW melaporkan apabila ada warganya yang meninggal supaya data lebih akurat,” saran Zainal.

Musdesus penetapan data SDGs Desa Penyaguan selain dihadiri Plt Camat Pulau Hanaut, Kades Penyaguan, hadir juga Pendamping Desa Kecamatan Pulau Hanaut, Ketua dan anggota BPD Penyaguan, anggota LPMD Penyaguan, Ketua RT/RW, tokoh agama dan masyarakat. (ifin/beritasampit.co.id).