Polisi Razia Preman di Kawasan Pelabuhan Habaring Hurung Sampit

IST/BERITA SAMPIT - Petugas Satuan Polairud Polres Kotim, mengimbau dan sosialisasi kepada masyarakat sekitar pelabuhan Habaring Hurung Sampit, Senin 14 Juni 2021.

SAMPIT – Untuk mencegah aksi premanisme dan pungli di sekitar kawasan pinggiran sungai Mentaya Sampit, Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim), Satuan Polairud Polres Kotim patroli rutin dan razia premanisme di sekitar dermaga Pelabuhan Habaring Hurung Sampit, Senin 14 Juni 2021.

Kapolres Kotim AKBP. Abdoel Harris Jakin, melalui Kasat Polair Polres Kotim, AKP. Herbet Parluhutan Simanjuntak, menjelaskan kegiatan tersebut menindaklanjuti instruksi Presiden kepada Kapolri untuk memberantas premanisme yang melakukan pungli ke masyarakat.

“Kami setiap hari sudah melakukan kegiatan patroli rutin di setiap pelabuhan dan dermaga yang beroperasi bongkar muat barang. Kita ingin memberikan kenyamanan pada buruh bongkar muat dan pengusaha di bidang jasa pelabuhan dari upaya pemalakan, begal atau aksi premanisme yang meresahkan,” kata Simanjuntak, Senin 14 Juni 2021.

BACA JUGA:   Banjir di Kotim Meluas, 61 Desa dan Kelurahan di 8 Kecamatan Terendam

Untuk memberikan keamanan Satpolair Polres Kotim juga sudah menawarkan jasa pengawalan ataupun pengamanan secara gratis kepada para pengusaha di pelabuhan.

Selain wilayah pinggiran sungai mentaya, Satuan Polairud Polres Kotim, juga melakukan patroli rutin di perairan dengan menggunakan Speedboat guna memantau aktivitas kegiatan bongkar muat barang dari kapal yang berada di pelabuhan.

BACA JUGA:   Kotim Juara Dalam Turnamen Online Scrim PUBG Mobile se-Indonesia

“Bila mana terjadi trouble atau ada gangguan Kamtibmas, kami langsung sigap merespon dan menindak lanjuti pengaduan masyarakat,” ujarnya.

Sementara berdasarkan hasil razia yang dilakukan di sekitar pelabuhan, petugas tidak menemukan preman maupun aksi pungli. Meski demikian, Satpolair akan terus giat melakukan patroli rutin guna mencegah aksi kejahatan di wilayah perairan mentaya Sampit. (Cha/beritasampit.co.id).