PT IMK Gelar Pelatihan Dasar Keuangan Pelaporan Akutansi Koperasi Manajemen Usaha

LULUS/BERITA SAMPIT- Sekda Mura, Hermon saat menyampaikan arahannya pada pembukaan pelatihan dasar pelaporan keuangan oleh PT IMK.

PURUK CAHU- PT Indo Muro Kencana (IMK) bekerja sama dengan Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan UKM Kabupaten Murung Raya (Mura) menggelar pelatihan dasar Pelaporan Keuangan/ Akuntansi Koperasi, Manajemen Usaha dan Pemasaran Koperasi Tahun 2021.

Pelatihan tersebut dimulai dari 14- hingga 17 Juni yang dilaksanakan di Gedung Pertemuan Umum (GPU) Tira Tangka Balang, Kota Puruk Cahu, Senin 14 Juni 2021.

Dalam laporannya, Kabid Koperasi dan UKM, Jilap Toni Arianata menyampaikan kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan peserta dalam mengelola laporan keuangan sebagai salah satu bentuk pertanggung jawaban dari para pengurus koperasi kepada anggotanya.

“Bagaimana manajemen jalannya koperasi yang mereka pimpin agar berjalan dengan baik dan tepat membuka pangsa pasar produk koperasi mereka kepada masyarakat sekitarnya,” Katanya, Senin 14 Juni 2021.

Sementara itu, Manajemen PT IMK melalui CSR Spesialis, Amirul Nurman, menyebutkan, bahwa pihaknya dari tahun 2019 sampai tahun 2021 ini sudah melakukan pendampingan terkait koperasi yang ada dibeberapa desa khususnya desa didaerah lingkar tambang.

“Program ini merupakan dalam rangka pemberdayaan masyarakat, dimana orang-orang yang terlibat disini ada yang dari pertanian, peternakan dan dari kuliner. Kelanjutan program ini adalah salah satu indikator legalitas kelompok- kelompok dampingan jadi sebuah koperasi,” tuturnya.

Sebelum membuka kegiatan pelatihan itu, Sekda Hermon berharap agar para peserta bisa mengikuti dengan baik agar tujuan koperasi untuk meningkatkan perekonomian semua anggota bisa dilaksanakan.

“Saya anggap PT IMK luar biasa menyelenggarakan kegiatan ini, dan kepada masyarakat yang dipercaya mengikuti pelatihan ini untuk bisa tetap fokus agar ilmu yang diberikan bisa diserap dan diterapkan dalam menjalankan koperasi,”pungkasnya.

(Lulus/beritasampit.co.id)