Pemimpin Daerah Pro-Lingkungan Diganjar Penghargaan oleh KLHK

Tangkapan layar; Menteri LHK Siti Nurbaya bersama Sri Sultan Hamengku Buwono X dalam acara penyerahan penghargaan Nirwasita Tantra 2020 bagi pemimpin daerah pro-lingkungan di Jakarta, Selasa 15 Juni 2021.//Ist-Antara/Prisca Triferna;

JAKARTA – Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) memberikan penghargaan Nirwasita Tantra 2020, kepada pemimpin daerah yang menjalankan prinsip kepemimpinan hijau, yang menerapkan kebijakan-kebijakan pro-lingkungan.

Penghargaan tersebut diserahkan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Siti Nurbaya, kepada pemimpin DPRD, wali kota, bupati, dan gubernur yang dinilai berhasil menerapkan prinsip kepemimpinan hijau di daerahnya dalam acara yang berlangsung di Jakarta yang disiarkan virtual.

“Penghargaan green leadership Nirwasita Tantra merupakan bentuk apresiasi dari pemerintah yang diberikan kepada pemimpin daerah atas aktualisasi kepemimpinan yang berorientasi  green dan deep green dalam memimpin pemerintah daerah, baik eksekutif maupun legislatif,” kata Siti Nurbaya.

BACA JUGA:   Dianggap Mitos, Wujud Babirusa Akhirnya Terekam Kamera Jebak BKSDA

Dilansir dari Antara, Penghargaan Nirwasita Tantra 2020 diberikan kepada DPRD dan kepala daerah dengan kategori kabupaten/kota kecil, sedang, dan besar serta kategori provinsi.

Penghargaan Nirwasita Tantra 2020 masing-masing diberikan kepada DPRD Bangka Tengah untuk kategori kabupaten kecil, Sukoharjo untuk kategori kabupaten sedang, dan Banyumas untuk kategori kabupaten besar.

Selanjutnya, DPRD Bontang menempati peringkat pertama dalam kategori kota kecil, DPRD Ambon di posisi pertama untuk kategori kota sedang, dan DPRD Balikpapan menjadi juara dalam kategori kota besar. Sementara DPRD Sumatera Barat menempati peringkat pertama untuk kategori provinsi.

Penghargaan juga diberikan kepada kepala daerah Bontang untuk kategori kota kecil, kepala daerah Ambon untuk kategori kota sedang, dan kepala daerah Surabaya untuk kategori kota besar.

BACA JUGA:   BNF Indonesia Terpilih Sebagai Pendiri UND Restorasi Ekosistem

Pemimpin daerah Sleman menjadi juara dalam kategori kabupaten kecil, kepala daerah Sukoharjo mendapat penghargaan dalam kategori kabupaten sedang, dan kepala daerah Banyuwangi menjadi pemenang untuk kategori kabupaten besar.

Pemimpin DKI Jakarta menduduki peringkat pertama dalam pemberian penghargaan Nirwasita Tantra 2020 untuk kepala daerah tingkat provinsi.

Siti Nurbaya menjelaskan, para penerima penghargaan dinilai berhasil mengimplementasikan kebijakan hijau, menerapkan prinsip pembangunan berkelanjutan dalam program kerja serta kegiatan guna menjaga, melindungi, memelihara, dan memperbaiki kualitas lingkungan hidup di daerah masing-masing.

(BS-65/beritasampit.co.id)