Bekali Kemampuan Listrik, PNS Ragil Cerdaskan Mahasiswa

(Ist-dok.Denzibang/Pky)

PALANGKA RAYA – Zeni, sebagai salah satu kecabangan di dalam TNI AD mempunyai kemampuan melaksanakan fungsi teknis militer Zeni, baik di daerah pertempuran maupun daerah pangkalan, sehingga Satuan Zeni AD dapat diklasifikasikan sebagai satuan bantuan tempur dan satuan bantuan administrasi.

Salah satu bagian dari 9 Kemampuan Zeni yaitu Perbekalan Air dan Listrik.

Materi ini dipilih sebagai materi tambahan pada Sosialisasi Wawasan Kebangsaan dan Kepemimpinan yang diikuti mahasiswa Universitas Kristen Palangkaraya (UNKRIP), Universitas Muhammadiyah Palangkaraya (UMP), Institut Agama Hindu Negeri (IAHN) Palangka Raya.

Menariknya, materi ini diikuti dengan antusias oleh seluruh mahasiswa peserta sosialisasi.

BACA JUGA:   Kodim 1014/Pbn Tanam 600 Pohon

Melihat keingintahuan mahasiswa dibidang kelistrikan, PNS Ragil dengan antusias membagi kemampuannya kepada mahasiswa yang rata-rata merupakan mahasiswa jurusan teknik sipil.

Selain melatih bagaimana memasang jaringan listrik, PNS Ragil juga mengenalkan Genset 60 KVA yang digunakan sebagai sumber listrik cadangan apabila terjadi pemadaman listrik dari PLN.

Kemampuan listrik diajarkan kepada para mahasiswa tersebut diharapkan agar nantinya dapat diaplikasikan di tengah-tengah masyarakat.  Apabila ada permasalahan listrik di masyarakat, para mahasiswa dapat membantu mengatasi karena telah mendapat pelatihan kemampuan di bidang listrik.

Roky Saputra, salah satu peserta sosialisasi mengungkapkan, dirinya merasa senang mendapat ilmu baru yang bisa diaplikasikan di lapangan.

BACA JUGA:   Kodim 1014/Pbn Tanam 600 Pohon

Mahasiswa UNKRIP ini juga menyampaikan rasa terima kasih dengan penyampaian materi listrik yang sangat berguna bagi para mahasiswa.

“Saya senang dapat mengikuti kegiatan sosialisasi Wawasan Kebangsaan dan Kepemimpinan serta adanya materi tambahan berupa pengetahuan listrik yang sangat bermanfaat bila diaplikasikan di tengah-tengah masyarakat,” kata Roky.

Sementara, Dandenzibang 2 Palangkaraya Zidam XII/Tpr menyampaikan bahwa kegiatan ini ditujukan untuk membekali para mahasiswa dengan ilmu-ilmu aplikatif yang sangat bermanfaat saat berada di tengah-tengah masyarakat nantinya.

(Sumber : Rilis- Zidam XII/Tpr)