Gerakan Pramuka Perekat Persatuan dan Kesatuan

PELANTIKAN : IST/BERITA SAMPIT - Pelantikan Ketua Mabicab Gerakan Pramuka Barito Utara Masa Bakti 2021-2026 secara virtual oleh Ketua Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Provinsi Kalteng, Ivo Sugianto Sabran, Rabu 16 Juni 2021.

PALANGKA RAYA – Gerakan Pramuka diharapkan menjadi perekat persatuan dan kesatuan dalam menumbuh kembangkan semangat nasionalisme dan patriotisme yang berkualitas, sehingga para anggota pramuka dapat meningkatkan perannya dalam pembangunan bangsa sebagai perwujudan mewujudkan cita-cita proklamasi kemerdekaan Negara Indonesia.

Harapan ini disampaikan Ketua Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Provinsi Kalimantan Tengah Ivo Sugianto Sabran secara virtual melalui konferensi video, saat melantik Ketua Majelis Pembimbing Cabang (Mabicab) Gerakan Pramuka Barito Utara Masa Bakti 2021-2026 yaitu Nadalsyah di Aula Jayang Tingang Lantai II Kantor Gubernur Kalteng, Rabu 16 Juni 2021.

“Oleh karena itu, peran dan tugas Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Barito Utara saat ini dan masa yang akan datang mempunyai peranan yang strategis dalam meningkatkan wawasan kebangsaan bagi generasi muda melalui kegiatan kepramukaan di wilayah Kabupaten Barito Utara,” jelas Ivo Sugianto.

BACA JUGA:   Komisi III Panggil Dinkes Provinsi Bahas Penanganan Covid-19

Hal tersebut sejalan dengan Misi Gerakan Pramuka yang meliputi, menanamkan nilai-nilai kepramukaan kepada kaum muda, membina anggota menjadi manusia yang berwatak, berbudi pekerti luhur, serta berkecakapan hidup berlandaskan iman dan taqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dengan mengikuti perkembangan ilmu dan teknologi, membentuk kader bangsa patriot pembangunan yang memiliki jiwa bela Negara, dan menggerakan anggota dan organisasi Gerakan Pramuka agar peduli dan tanggap terhadap masalah-masalah kemasyarakatan.

Ivo Sugianto menjelaskan, untuk mencapai misi tersebut dilakukan berbagai kegiatan, antara lain melibatkan anak muda dalam suatu proses pendidikan non-formal melalui kepramukaan sebagai masa pembentukan pribadinya.

BACA JUGA:   Gubernur Tugaskan Eselon II Bantu Banjir di Katingan

Metode khusus yang membentuk masing-masing individu sebagai penggerak utama dalam pengembangan dirinya sendiri juga harus digunakan, sehingga menjadi orang yang mandiri, siap membantu sesamanya, bertanggung jawab yang dapat diandalkan, dan membantu mereka dalam membentuk suatu sistem nilai yang didasarkan atas azas-azas spiritual, sosial dan kepribadian, sebagaimana dinyatakan dalam satya dan dharma pramuka.

Ivo meminta dukungan dari semua komponen yang ada di Kabupaten Barito Utara, termasuk di dalamnya Mabicab. Mabicab dalam Gerakan Pramuka merupakan satuan organisasi Gerakan Pramuka yang berfungsi memberikan bimbingan, dan bantuan yang bersifat moril, organisatoris, material dan finansial kepada Kwartir. (Hardi/beritasampit.co.id).