Jasa Raharja Gelar Pendidikan dan Pelatihan Abdiyasa Teladan 2021

IST/BERITA SAMPIT - Kepala Cabang Jasa Raharja Kalteng M Iqbal (paling kiri) saat menberikan materi.

PALANGKA RAYA – Bertempat di Aula Hotel Luwansa Palangka Raya, Rabu 16 Juni 2021 PT Jasa Raharja Cabang Kalimantan Tengah membuka Diklat Abdiyasa Teladan 2021 yang diikuti oleh 19 orang peserta dari awak kendaraan umum (pengemudi otobus) yang mewakili beberapa Pengusaha Angkutan yang ada di wilayah Kalimantan Tengah.

Dalam sambutannya pada acara pembukaan di Aula Hotel Luwansa Palangka Raya, Kepala Cabang Kalimantan Tengah M. Iqbal Hasanuddin menyampaikan dasar pemikiran Jasa Raharja ikut menyelenggarakan Diklat Abdiyasa Teladan 2021 yaitu pengemudi atau supir merupakan salah satu komponen yang vital karena bisa jadi satu sopir membawa 50 orang nyawa (penumpang).

Kasus kecelakaan di jalan raya dan korban yang ditimbulkan cukup tinggi. Tugas pemerintah adalah bagaimana menekan dan mengurangi angka kecelakaan di jalan raya.

“Dengan kegiatan diklat ini diharapkan bisa membangun budaya dan karakter pengemudi yang berkeselamatan” Jelas M Iqbal dalam sambutannya Rabu 16 Juni 2021.

BACA JUGA:   Terpilih Jadi Anggota DPRD Kalteng, Abdul Hafid: Kemenangan Masyarakat Kotim dan Seruyan

Selanjutnya, para pengemudi harus taat, tertib, dan disiplin berlalu lintas di jalan raya. Jika itu semua bisa dipenuhi, maka potensi terjadinya kecelakaan bisa ditekan bahkan dihindari.

“Kegiatan ini merupakan bentuk kepedulian Jasa Raharja terhadap Angkutan Umum yang ada di Kalimantan Tengah yang bersinergi dengan instansi pemerintah yaitu Dirlantas Polda Kalimantan Tengah, Dinas Perhubungan Provinsi Kalimantan Tengah, Balai Pengelola Transportasi Darat Wilayah XVI Provinsi Kalimantan Tengah” beber Iqbal.

Dimana masing-masing instansi memberikan materi kepada para pengemudi dan diadakan juga pengecekan GeNose 19 gratis sebelum para peserta memasuki aula dimana acara dilaksanakan.

Diklat ini diberikan kepada para pengemudi angkutan umum secara gratis. Intinya pengemudi harus tahu dan sadar bagaimana mengemudikan kendaraan yang baik dan berkeselamatan.

BACA JUGA:   Bawaslu Kapuas Nyatakan Sejumlah TPS Diduga Lakukan Pelanggaran Administratif Pemilu

Menjaga ketertiban dan keamanan berlalu lintas sudah menjadi tanggung jawab semua pengguna jalan. Setiap tahunnya angka korban akibat kecelakaan lalu lintas yang disebabkan baik kendaraan pribadi maupun kendaraan angkutan umum terus meningkat. Lengahnya pengemudi kendaraan menjadi salah satu penyebab utama kecelakaan lalu lintas.

Hal ini yang mendasari Jasa Raharja dan Mitra Terkait mengadakan Pendidikan dan Pelatihan Dasar Abdiyasa 2021 sebagai salah satu upaya mewujudkan kesadaran tertib berlalu lintas bagi para pengemudi angkutan di wilayah Kalimantan Tengah.

Diklat ini bertujuan untuk memberi edukasi dan kesadaran bagi para awak kendaraan
umum agar memahami peraturan dalam berlalu lintas sehingga tercipta kesadaran saat berkendara di jalan raya.
Diharapkan dengan adanya kegiatan ini, para pengemudi otobus akan memahami aturan berkendara di jalan raya, bertambah wawasan, informasi serta menjadi pelopor dalam berlalu lintas.

( aul/beritasampit.co.id)