Kodim 1015/Sampit Jalankan Program Unggulan Ternak Kambing Bergulir

PROGRAM : IST/BERITA SAMPIT - Anggota Koramil saat mengeluarkan kambing yang akan dikembangkan melalui program ternak kambing bergulir.

SAMPIT – Kodim 1015/Sampit akan menjalankan program unggulan ternak kambing bergulir dan dipelihara di masing-masing Koramil. Agar program itu berjalan sukses dan lancar kedepannya, anggota Koramil mulai sekarang dituntut belajar cara memelihara dan beternak kambing tersebut.

“Perawatan dan pemeliharaan kambing memang gampang-gampang susah. Namun untuk lokasi di desa, memelihara kambing memiliki banyak kemudahan karena di desa masih banyak lahan kosong yang ditumbuhi rumput sebagai pakan ternak,” ucap Dandim 1015/Sampit Letkol Czi Akhmad Safari, Kamis 17 Juni 2021.

Sebagaimana diketahui, kambing merupakan hewan ternak yang memiliki keuntungan yang besar. Dagingnya memiliki nilai jual yang lumayan tinggi dan bernilai baik. Terlebih pada hari-hari besar Islam seperti Hari Raya Idul Adha, harga jual cukup tinggi karena banyak diperlukan salah satunya untuk kurban.

BACA JUGA:   Polisi Selidiki Penemuan Mayat Bayi Mengapung di Sungai Mentaya

“Manfaat limbah kotoran kambing dapat digunakan untuk pupuk pertanian dan sangat baik bagi kesuburan tanah sehingga, dapat membantu meningkatkan usaha pertanian,” ujar Letkol Czi Akhmad Safari.

Ditambahkannya, kambing sangat mudah dijualbelikan kepada agen maupun pasar. Terlebih apabila memiliki ternak kambing yang kualitasnya sehat dan gemuk.

Pembeli akan datang dengan sendiri sehingga, Koramil yang berada di wilayah Kodim 1015/Spt memilih ternak kambing secara bergulir. Sedangkan anak kambing yang lahir dapat dipelihara kembali oleh jajaran Koramil.

BACA JUGA:   PT Sampit International Akan Dipanggil Disnakertrans Kotim Buntut Tunggakan Gaji Karyawan

Harapan kedepannya, sambungnya, program tersebut untuk menjadi contoh bagi warga masyarakat yang berada di sekitar wilayah koramil dan serta dapat membantu pendapatan koramil itu sendiri sebagai sumber pemasukan.

Sementara itu, Danramil 1015-07/Mentaya Hilir Utara Kapten Inf Suraji menambahkan, semoga dengan adanya kambing yang diberikan ini dapat dipelihara dengan baik dan nantinya akan bermanfaat, sedangkan anak kambing bisa disalurkan ke koramil yang lain.

“Kami akan merawatnya dengan baik dan mudah- mudahan ini akan menjadi berkah untuk wilayah binaan kami,” ujar Kapten Inf Suraji.

(ifin/beritasampit.co.id)