Pemkab Barito Utara Perbaiki Infrastruktur Jaringan Irigasi Persawahan

Kepala Dinas PUPR Barito Utara Muhammad Iman Topik didampingi Kepala Bidang Sumber Daya Air, Kepala Seksi Operasional, saat mengecek saluran irigasi persawahan di Kelurahan Montallat II Kecamatan Montallat, Rabu 16 Juni 2021.//Ist-AntaraANTARA/Dinas PUPR Barut;

MUARA TEWEH – Untuk meningkatkan hasil panen padi masyarakat, Pemerintah Kabupaten Barito Utara, Kalimantan Tengah, melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang melakukan penanganan dan perbaikan sejumlah sarana infrastruktur khususnya jaringan irigasi persawahan.

Dalam penanganan dan perbaikan jaringan irigasi tersebut pihaknya melakukan pengecekan langsung irigasi yang berada di wilayah Kelurahan Montallat II Kecamatan Montallat yang merupakan salah satu sentra padi sawah di Barito Utara.

“Kami sudah mendapat instruksi langsung dari Bupati Barito Utara Nadalsyah untuk segera melakukan perbaikan beberapa infrastruktur pendukung khususnya jaringan irigasi persawahan di Kecamatan Montallat,” kata Kepala Dinas PUPR Barito Utara, Muhammad Iman Topik, Kamis 17 Juni 2021.

BACA JUGA:   Petahana Banyak yang Tumbang, Berikut Nama-nama Caleg yang Berhasil Dapatkan Kursi DPRD Kalteng

Kegiatan yang dilakukan tersebut diharapkan dapat menunjang pelaksanaan pembangunan di bidang sektor pertanian, khususnya peningkatan produksi beras di Kelurahan Montallat II Kecamatan Montallat.

“Kami monitoring atas pelaksanaan pekerjaan, mengingat tahun 2021 Dinas PUPR Barito Utara mendapat bantuan anggaran rehabilitasi jaringan irigasi yang dananya bersumber dari DAK Penugasan,” kata Topik. Dikutip dari Antara.

Dalam pelaksanaannya, pekerjaan rehabilitasi saluran primer dan sekunder serta rehabilitasi saluran pembuang ini, menjadi prioritas mengingat jaringan irigasi ini mampu mengairi sawah seluas lebih kurang 150 hektare di daerah setempat.

BACA JUGA:   Petahana Banyak yang Tumbang, Berikut Nama-nama Caleg yang Berhasil Dapatkan Kursi DPRD Kalteng

“Ini untuk memastikan bahwa kegiatan tersebut merupakan skala prioritas yang sedang ditangani.Kita berharap dengan berfungsinya saluran irigasi ini secara baik, dapat meningkatkan produktifitas padi hasil panen para petani di wilayah Kecamatan Montallat serta dapat mengatur sirkulasi pengairan secara baik untuk distribusi air ke persawahan,” demikian disampaikanTopik.

(BS-65/beritasampit.co.id)