Produk Unggulan di Kotim Sangat Potensial, Dewan Minta Peran BUMdes Bisa Maksimal

IM/BERITASAMPIT - Anggota Komisi I DPRD Kabupaten Kotawaringin Timur, Khozaini.

SAMPIT – Anggota Komisi I DPRD Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim), Khozaini kembali mendorong pihak terkait untuk mengembangkan potensi produk unggulan yang ada, baik di daerah perkotaan hingga pedesaan,

Produk unggulan menurutnya sangat potensial, karenanya bisa saja dikembangkan melalui Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) yang ada di desa masing-masing, guna meningkatkan ekonomi masyarakat secara menyeluruh.

“Disini kita lihat yang dibutuhkan adalah peran BUMDes, tentunya banyak sekali potensi di desa untuk di bangkan produk  unggulannya, baik kuliner, kerajinan tangan, dan produk khas lainnya. Kami juga mendorong agar pihak desa bisa memaksimalkan peran BUMDes yang ada,” ungkapnya Kamis 17 Juni 2021.

BACA JUGA:   Polisi Ringkus Spesialis Curanmor di Sampit yang Resahkan Warga

Legislator Partai Hanura itu juga menjelaskan, pengoptimalan BUMDes dengan mengembangkan produk unggulan tentunya dengan tujuan untuk meningkatkan pendapatan dan mensejahterakan masyarakat sekitar. Hal ini juga dinilai akan berdampak positif bagi kabupaten terutama dalam rangka meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD), dari sektor pajak badan usaha kreatif dan lainnya.

“Kita ketahui BUMDes ini merupakan turunan dari BUMN, hingga lahirnya BUMD dan turun kebawah menjadi BUMdes, hal ini sangat berpotensi besar dalam menunjang ekonomi masyarakat kalau benar-benar di kelola dengan baik, jika mengacu azas manfaatnya sudah barang tentu BUMdes ini bisa mendorong percepatan pemulihan ekonomi daerah saat ini,” timpalnya.

BACA JUGA:   Halikinnor Sebut Harati Jilid II Belum Tentu Maju Pilkada 2024

“Artinya desa juga harus dan wajib memiliki usaha sendiri, kelola bumdesnya dengan baik, berdayakan masyarakat didalamnya karena desa tidak perlu mencari modal lagi, tinggal dianggarkan, itulah sebabnya pusat mengadakan program tersebut,” tambahnya.

(im/beritasampit.co.id).