Langkah Anggota Zidam Deteksi Penyebab Banjir

(Ist-dok.Zidam XII/Tpr)

PONTIANAK – Kemanunggalan TNI dengan Rakyat semakin intens ditunjukkan. Bukan hanya dalam hal pertahanan dan keamanan, akan tetapi juga kepedulian terhadap situasi dan kondisi sosial pada suatu wilayah ataupun daerah.

Kondisi cuaca yang cukup ekstrim akhir-akhir di wilayah Kalimantan Barat dan keadaan ini diperparah dengan minimnya kepedulian masyarakat terhadapat lingkungan seperti membuang sampah tidak pada tempatnya sehingga membuat saluran air diselokan atau parit menjadi tersumbat yang dapat memicu banjir dan kerusakan jalan.

Keadaan ini menggerakkan anggota Zidam XII/Tpr untuk turun langsung mengedukasi masyarakat tentang pentingnya lingkungan bersih dan sehat dengan menggelar kerja bakti. Seperti yang dilakukan di Komplek Kosgoro Sungai Raya Dalam, Kamis 17 Juni 2021.

Dipimpin Letda Czi Agus Sugiyono, anggota Zidam bergerak menyusuri parit dikawasan tersebut dan membersihkannya dari rumput liar, puing-puing dan sampah.

BACA JUGA:   Kodim 1014/Pbn Tanam 600 Pohon

Bersama warga sekitar kerja bakti yang dilakukan secara gotong royong ini merupakan wujud kepedulian TNI AD dalam hal ini Zidam XII/Tpr dalam melaksanakan kegiatan juga menjalin hubungan yang baik dengan masyarakat setempat.

“Ini salah satu diantara wujud program TNI manunggal dengan rakyat,” ucap Letda Czi Agus Sugiyono.

Wakazidam XII/Tpr, Letkol Czi Dwi Yudha, mengatakan, kegiatan sosial seperti ini sangatlah bagus, serta dapat menjadi suatu wahana bersosialisasi dengan masyarakat sehingga terjalin hubungan harmonis dan kebersamaan untuk peduli kebersihan dan mempertahankan, khususnya pertahanan lingkungan.

Diharapkan kegiatan ini dapat meningkatkan tali silaturahmi serta mewujudkan kemanunggalan TNI dan rakyat yang selama ini sudah berjalan baik dan akan lebih baik lagi.

BACA JUGA:   Kodim 1014/Pbn Tanam 600 Pohon

“Kegiatan ini dilaksanakan tidak hanya di satu lokasi tetapi dibeberapa tempat yang berbeda, sehingga sebagai TNI khususnya Zidam XII/Tpr mempunyai jalinan yang erat dengan seluruh lapisan masyarakat dimanapun berada dan bertugas,” terang Letkol Czi Dwi Yudha.

Diungkapkan, selain tercipta lingkungan yang bersih dan sehat, kerja bakti bersih-bersih lingkungan juga untuk mencegah penyebaran Covid-19 di lingkungan setempat yang masih ada hingga saat ini. Karena dengan lingkungan yang bersih dan sehat akan menghidarkan dari berbagai penyakit dan ini juga merupakan salah satu cara untuk mencegah penyebaran Covid-19, tentunya dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan.

(Sumber : Rilis-Zidam XII/Tpr)