Nelayan di Kobar Terima Bantuan Mesin Kapal

Sejumlah nelayan tergabung di kelompok nelayan Desa Teluk Bogam melihat bantuan mesin kapal yang diserahkan Dinas Perikanan Kobar, Jumat 18 Juni 2021.//Ist-Antara/Diskominfo Kobar;

PANGKALAN BUN – Sebagai bentuk perhatian dan upaya meningkatkan hasil tangkapan nelayan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kotawaringin Barat (Kobar), melalui Dinas Perikanan (Diskan) setempat, menyalurkan bantuan mesin kapal kepada kelompok nelayan yang ada di Desa Teluk Bogam, Kecamatan Kumai.

Kepala Diskan Kobar, melalui Kabid Pemberdayaan Nelayan Kecil, Manis Suharjo, mengatakan, bantuan berupa mesin kapal yang diberikan berjenis diesel 23 PK sebanyak 11 unit.

“Kami berharap bantuan ini dapat digunakan dan dimanfaatkan untuk menunjang kegiatan penangkapan ikan. Dengan begitu, bantuan ini memberikan banyak keuntungan bagi para nelayan,” ucapnya, dikutip dari Antara, Jumat 18 Juni 2021.

BACA JUGA:   Obyek Wisata TNTP Kembali Dibuka, Tapi Ada Syaratnya

Setelah bantuan mesin ini diserahkan kepada para nelayan, lanjutnya, Diskan Kobar melalui penyuluh perikanan juga akan terus melakukan monitoring dan evaluasi terhadap pemanfaatan serta dampaknya terhadap hasil tangkapan maupun perekonomian.

Manis Suharjo menjelaskan bahwa, pihaknya selama masa jabatan Bupati Nurhidayah dan Wakil Bupati Ahmadi Riansyah, ditugaskan untuk memenuhi alat tangkap sebanyak 15.000 price kepada petani yang ada di kabupaten ini.

“Tahun 2021, Pemkab Kobar melalui Diskan akan kembali memberikan banyak bantuan untuk bidang perikanan tangkap,” kata dia.

Bantuan yang akan disalurkan pada tahun ini yakni, 62 unit kapal perikanan ukuran 1 sampai dengan 5 GT, 3.000 piece alat tangkap berbagai jenis, 139 mesin kapal, baik berbentuk mesin ataupun langsung terpasang di kapal, beberapa alat bantu penangkapan seperti fishfinder GPS dan lainnya.

BACA JUGA:   Mukhtarudin Bantu Pembangunan Asrama Ponpres Daril Fallah

Disebutkan, bahwa potensi sumber daya perikanan dibidang perikanan tangkap, yang dimiliki kabupaten ini cukup besar dan harus dimanfaatkan secara optimal.

“Bantuan mesin kapal dari Pemda salah satunya juga merupakan penguatan ekonomi di sektor perikanan, agar nelayan dapat bertahan ditengah gempuran pandemi Covid-19 saat ini,” tutup Kabid Pemberdayaan Nelayan Kecil Diskan Kobar.

(BS-65/beritasampit.co.id)