Tidak Main-main Cegah Covid-19, Petugas Posko Desa Ramania Standby 24 Jam

TAMIANG LAYANG – Berbagai upaya dalam pencegahan penyebaran virus Covid-19, dilakukan dengan kebijakan-kebijakan pemerintah hingga aksi nyata dari masyarakat.

Salah satunya Babinsa Serka Nuzuli Hadi Koramil 1012-02/Bentot yang dimewakili Danramil 1012-02/Bentot Kapten Chb Wawan S, dengan melakukan pembentukan Posko Siaga Tanggap Covid 19, di Desa Ramania Kecamatan Pantangkep Tutui, Jumat 18 Juni 2021.

Posko Siaga Desa dijalankan oleh Kepala Desa, Perangkat desa, Ketua BPD dan relawan dari warga di desa tersebut. Sementara Bidan Desa, Bhabinkamtibmas serta Babinsa menjadi Mitra Siaga Desa.

BACA JUGA:   Program Pembuatan MCK TMMD ke 112 Sudah Kelihatan Bentuknya

Pelaksanaan tugasnya pun tidak main-main, pentingnya dalam penanganan serta pencegahan Covid-19 di wilayahnya. Petugas posko standby 24 jam guna pelayanan dan monitoring terhadap ODR yang baru datang dari daerah luar desa.

“Kalau Bhabinkamtibmas, Babinsa dan Bidan Desa adalah Mitra Posko, ujung tombaknya ya Posko Desa tersebut, karena mereka mengawasi, mendata, meminta agar pendatang (ODR) isolasi/karantina mandiri selama 14 hari dan melaporkan keberadaan pendatang (ODR) yang datang didesanya,” papar Serka Nuzuli.

BACA JUGA:   Aktifitas Satgas TMMD Kotabaru Sebelum Menuju Lokasi TMMD

Kemudian memberitahu Mitra Siaga Desa apabila ada ODR yang butuh pemeriksaan secara medis.

”Untuk personil relawan penjagaaan di masing – masing posko nantinya sudah menjalankan dengan baik, maka langkah selanjutnya desa melakukan pembuatan Pos Gerbang Desa atau Poskamling”, tambahnya.

Kegiatan telah dilaksanakan berjalan dengan tertib dan aman.

(Adr/beritasampit.co.id)