Kemensos Tunjuk Dua Kelurahan di Banjarmasin Jadi Pendahuluan Puskesos-SLRT

Plh Sekdakot Banjarmasin Mukhyar saat memimpin sosialisasi Puskesos-SLRT di dua kelurahan yang jadi pilot project. ANTARA/Diskominfotik Banjarmasin

BANJARMASIN – Provinsi Kalimantan Selatan di tunjuk menjadi salah satu uji pendahuluan Pusat Kesejahteraan Sosial dengan Sistem Layanan Rujukan Terpadu (Puskesos-SLRT). Program pemerintah pusat dari Kementerian Sosial RI tersebut menunjuk Dua kelurahan yakni Kelurahan Belitung Utara di Banjarmasin Barat dan Kelurahan Alalak Utara di Banjarmasin Utara.

Puskesos-SLRT adalah untuk meningkatkan layanan kesejahteraan sosial yang terintegrasi, responsif dan tepat sasaran serta mendukung percepatan penurunan kemiskinan dan kerentanan yang menjadi komitmen global yang tertuang dalam Sustainable Development Goals (SDGs).

“Nanti ada aplikasi dari Kemensos khusus untuk Puskesos-SLRT ini,” kata Kepala Dinas Sosial Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan, Iwan Ristianto di Banjarmasin, Sabtu. 19 Juni 2021 dikutip dari Antara.

Jadi nanti pengaduan masyarakat untuk penanganan kemiskinan tidak perlu lagi datang ke Kantor Dinsos, tetapi cukup dilayani dari kelurahan oleh petugas yang telah ditunjuk.

Menurut dia, ada 26 macam pengaduan yang ditangani, diantaranya, korban bencana sosial, Lansia terlantar, gelandang, disabilitas, hingga korban kekerasan dan tuna susila.

“Jadi dua kelurahan pilot project ini sampai Desember 2021, mulai Januari 2022 untuk 52 kelurahan di kota ini,” paparnya.

Menurut dia, dipilihnya dua kelurahan di Banjarmasin, yakni, Belitung Utara dan Alalak Utara jadi uji pendahuluan Puskesos-SLRT ini mulai disosialisasikan, di mana sosialisasi hari ini di kantor Kecamatan Banjarmasin Utara.

Sosialisasi ini dihadiri perwakilan Kementrian Sosial Republik Indonesia Ema Masruroh, Plh Sekdakot Banjarmasin Mukhyar dan pejabat pemerintah kota lainnya.

Sementara itu, Camat Banjarmasin Utara Apiluddin yang satu krlurahannya, yakni, Alalak Utara yang me jadi pilot project Puskesos-SLRT dalam pengentasan kemiskinan ini memastikan akan menyukseskannya.

“Kita berterima kasih banyak dari pemerintah pusat yang telah banyak membantu dalam hal kemiskinan,” ucapnya.

Sementara itu, Plh Sekdakot Banjarmasin Mukhyar mengharapkan, dari kegiatan sosialisasi tersebut mampu meningkatkan pelayanan dalam sektor kesejahteraan khususnya untuk warga Kota Banjarmasin.

“Dengan teknik Puskesos-SLRT ini menyangkut motto pusat kesehatan sosial, kedepannya kami berharap dengan terbentuknya ini pelayanan masyarakat yang berhubungan dengan kesosialan bisa berjalan dengan baik, bukan hanya dua pilot project tapi kami minta kedepannya di seluruh kecamatan ada pilot projectnya masing-masing,” ucapnya.

(BS/93/beritasampit.co.id)