Sejumlah Bantuan PT GCM Telah Disalurkan Kepada Masyarakat Desa

IST/BERITA SAMPIT - Foto bersama Manager CSR USTP Alex Gunawan dan Kabag CDO PT GCM Andreas Korsina bersama Kades Panopa Mudelin dan PPL Dinas Pertanian Lamandau Hanriana saat mengumpulkan Pengurus Kelompok Wanita Tani Desa Panopa waktu lalu.

NANGA BULIK – PT Graha Cakra Mulia (GCM), Union Sampoerna Triputra Persada (USTP) Group sudah menyalurkan bantuan melalui program Corporate Social Responsibility (CSR) untuk Desa Panopa, Kecamatan Lamandau, Kabupaten Lamandau, Provinsi Kalimantan Tengah.

Manager CSR USTP, Alex Gunawan mengungkap bantuan tersebut diantaranya membantu pembelian lahan TPU (Tempat Pemakaman Umum), bantuan untuk Bumdes Arai Jaronih, bantuan sembako untuk lansia, bantuan sembako untuk tanggap darurat Covid-19.

Selain itu, bantuan yang rutin disalurkan setiap tahun yaitu bantuan perayaan hari-hari besar keagamaan dan bantuan honor untuk Guru TK dan Guru Mengaji di Desa Panopa.

Bahkan kata dia, program CSR yang bersifat pemberdayaan masyarakat juga pernah dilakukan awal tahun 2020 Kelompok Wanita Tani (KWT) Desa Panopa dikumpulkan di Kantor Desa Panopa. Rencananya dilaksanakan program pemberdayaan menanam sayur dan ternak ikan.

BACA JUGA:   Festival Babukung Lamandau Dipertunjukan Secara Virtual, Melibatkan 8 Kecamatan

“PT GCM membantu bibit tanaman sayur, bibit ikan nila dari PT GCM dan PT SMG, juga pupuk organik decanter solid. Posisi lahan di sebelah Kantor Desa Panopa, sudah dibedeng dan ada kolamnya tapi akhirnya program tidak berjalan, meski kami dengan PPL beberapa kali kunjungan,” jelas Alex Gunawan, Sabtu 19 Juni 2021.

Sementara itu, Kepala Bagian (Kabag) Community Development Officer (CDO) PT GCM Andreas Korsina mengatakan, bahwa pihaknya juga aktif membantu dalam bidang Adat dan Seni Budaya. PT GCM sangat menghargai adat istiadat di desa-desa sekitar operasional kebunnya.

BACA JUGA:   Ketua TP-PKK Kalteng Tinjau Langsung Vaksinasi Pelajar di SMPN 1 Bulik

“Kami pernah bantu acara Adat Tiwah di Panopa, sedangkan untuk Desa Semantun kami rutin setiap tahun menggelar kegiatan Adat di Bantan BB5, dekat pabrik,” terang dia.

General Manager (GM) PT GCM Hantoro menegaskan bahwa PT GCM mempunyai hubungan yang baik dan sinergi dengan para pemangku kepentingan (stakeholder) termasuk masyarakat sekitar kebun.

Bantuan dari perusahaan selain untuk membantu masyakarat sekitar, juga bentuk komunikasi dengan masyarakat sekitar kebun. Sehingga tercipta hubungan yang harmonis dan sinergi.

“Program CSR kami mengakomodir semua desa di sekitar kebun kami, termasuk Desa Panopa. Selama ini, hubungan antara perusahaan dengan desa-desa sekitar cukup baik, harmonis dan sinergi,” tegas dia. (Andre/beritasampit.co.id).