Bantuan Stimulan Ternak Kelompok Tani Tidak Dianggarkan, Begini Alasan Wabup Katingan

ANNAS/BERITA SAMPIT - Wakil Bupati Katingan Sunardi N.T Litang.

KASONGAN – Pemerintah Kabupaten Katingan melalui Dinas Pertanian, Pangan dan Perikanan Katingan tidak menganggarkan bantuan stimulan kepada sejumlah peternak di Kabupaten Katingan dalam dua tahun belakangan ini.

Pasalnya, hal tersebut akan dilakukan evaluasi, terkait bantuan yang pernah diberikannya kepada sejumlah peternak atau kelompok tani beberapa tahun yang lalu. Adapun sejumlah ternak yang pernah dibantu dan akan dievaluasi diantaranya ternak ayam, mentok dan sejumlah ternak lainnya.

“Ini bukannya di moratorium atau dihentikan, akan tetapi bantuan itu akan dilakukan evaluasi terhadap sejumlah peternak melalui Dinas Pertanian, Pangan dan Perikanan,” terang Wakil Bupati Katingan Sunardi N.T Litang, Rabu 23 Juni 2021.

BACA JUGA:   Pelaku Pencurian di Kota Kasongan Berhasil Diringkus

Terkait evaluasi yang dilakukan Sunardi berharapĀ  hasilnya nanti bisa disampaikan kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Katingan, agar dapat diketahui yang menerima bantuan nantinya adalah orang-orang yang memang benar dan tepat sasaran dalam bantuan tersebut.

“Data ini lah yang menjadi salah satu persyaratan jika Pemerintah Daerah berencana untuk membantu peternak di kemudian hari,” ucap Sunardi.

BACA JUGA:   Cegah Klaster Kantor, Anggota DPRD dan Pegawai Setwan Katingan Jalani Tes Swab

Sebab, lanjutnya, bahwa setiap penerima bantuan harus tepat sasaran, dengan melengkapi berbagai persyaratan. Karena bantuan tentunya bertujuan untuk mengembangkan usaha ternak yang sudah dikelolanya sehingga mereka bisa mandiri tanpa bantuan pemerintah lagi nantinya.

“Terkait dengan bantuan ternak jika ke depannya sudah bisa, kita harapkan kepada dinas terkait agar menyeleksi semua permohonan dari kelompok tani. Karena, selain orang yang dibantu harus tepat sasaran, dan ternak yang dikelolanya juga harus berkembang biak,” pungkasnya. (Annas/beritasampit.co.id).