Sebar Fitnah Dikriminalisasi, Oknum Wartawan Dilapor Anggota AJV Kalteng

AUL/BERITA SAMPIT - Rayati, Anggota AJV Kalteng yang melaporkan seseorang bernama Ira.

PALANGKA RAYA –  Belakangan marak pemberitaan yang diduga direkayasa oleh salah seorang pengusaha kerjasama dengan oknum yang mencatut nama orang lain dengan motif mencari uang dengan mudah. Berita itu soal tambang emas di Kurun, Kabupaten Gunung Mas.

Dalam berita yang muncul terindikasi ada keterlibatan pengusaha dan oknum yang seolah mau menenggelamkan pengusaha tambang emas ilegal dengan harapan mendapat setoran kepadanya. Dengan gaya seolah menjadi seorang pahlawan buat para penambang. Padahal lokasi penambangan tersebut memang ilegal.

Berdasarkan temuan salah seorang awak media, ia menyebutkan ada dugaan mencatut namanya kemudian dimuat di salah satu media, sehingga para pengusaha tambang emas yang tidak berizin ini dapat terus beraktifitas seolah olah mereka itu legal.

BACA JUGA:   Besok, Kemenag Kalteng Gelar Doa Bersama Tangkal Corona

Rayati salah sorang awak media yang namanya dicatut membantah bahwa dia tidak membuat berita itu melainkan ada oknum wartawan. Rayati yang mengadukan peristiwa tersebut ke organisasi jurnalis Aliansi Jurnalis Video (AJV) Kalteng, dan mengatakan bahwa fotonya telah diambil oleh oknum yang berinisial Ira tanpa izin.

“Seakan dia yang membuat berita padahal itu bukan dia,” ungkapnya kepada beberapa pengurus AJV Kalteng, Rabu 23 Juni 2021.

BACA JUGA:   Kejati Kalteng Tetapkan Direktur PDAM Kapuas Tersangka

Rayati juga menyampaikan bahwa oknum tersebut tidak melakukan konfirmasi, sehingga dirinya merasa dirugikan.

“Saya tidak terima karena awalnya saya hanya ingin melakukan klarifikasi dengan oknum tersebut kalau saya bukan penulis berita illegal minning yang sebenarnya dibuat oleh oknum tersebut,” beber Rayati.

Menindaklanjuti, pengurus AJV Kalteng menyarankan untuk segera melaporkan dan membawa permasalahan yang dialami Rayati ke jalur Hukum.

”Saya kan punya media sendiri kenapa saya harus membuat berita di media orang lain,” pungkasnya. (Aul/beritasampit.co.id).