BI dan Pemprov Kalteng Desain Program Pemberdayaan UMKM dan Pariwisata

Kepala BI Perwakilan Kalteng, Rihando, saat Opening Ceremony Festival UMKM dan Pariwisata Kalimantan Tengah di Palangka Raya, Kamis 24 Juni 2021.//Ist-Antara/BI Kalteng (handout);

PALANGKA RAYA – Bank Indonesia perwakilan Kalimantan Tengah (Kalteng) bersama pemerintah provinsi setempat mendesain program pemberdayaan UMKM dan sektor Pariwisata dalam satu rangkaian kegiatan Festival UMKM dan Pariwisata Digital, bertema ‘Pesona Bumi Tambun Bungai’.

Adapun program pemberdayaan itu yakni lomba Karya Tulis Ilmiah bertema Strategi Penguatan sektor UMKM dan Pariwisata dalam Mengakselerasi Pertumbuhan Ekonomi Kalteng, lomba Fotografi dan Vlog UMKM serta Pariwisata Kalteng, Webinar Pelatihan UMKM bertema Digitalisasi dan Akses Keuangan serta sertifikasi halal.

“Program itu telah dimulai sejak 3 Mei 2021 hingga saat ini,” kata Kepala BI Perwakilan Kalteng, Rihando, saat Opening Ceremony Festival UMKM dan Pariwisata Kalimantan Tengah di Palangka Raya, Kamis 24 Juni 2021.

BACA JUGA:   IPEMI Kalteng Diminta Mampu Mendorong Peningkatan Wirausaha

Program pemberdayaan lainnya adalah, fasilitasi UMKM dengan Perusahaan Jasa Pengiriman atau ekspedisi, Business Matching UMKM dengan Lembaga Keuangan, Edukasi dan akselerasi akseptasi QRIS kepada pelaku UMKM dan pedagang pasar, Sosialisasi Ekonomi Syariah dan Halal Value Chain, Sosialisasi dan edukasi ciri keaslian uang Rupiah dan UPK 75.

Kemudian penyerahan Program Sosial Bank Indonesia dalam rangka dukungan Kelestarian Lingkungan Hidup, Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (GBBI) dan Gerakan Nasional Bangga Berwisata Indonesia (GBWI), program kemandirian pesantren dan program 12 juta Merchant/UMKM-QRIS.

BACA JUGA:   Ternyata Ini Syarat Menjadi Sekda Kalteng

“Puncak acara festival akan dilakukan launching website UMKM dan Pariwisata Kalimantan Tengah oleh Anggota Dewan Gubernur Bank Indonesia Rosmaya Hadi,” kata Rihando. Dikutip dari Antara.

Diharapkan program, ide, inovasi, terobosan, dan peran aktif yang dilakukan dalam rangka menggairahkan UMKM dan Pariwisata Kalteng secara khusus dan ekonomi pada umumnya, mendapatkan dukungan dari seluruh pihak.

“Cara yang bisa dilakukan dengan turut bertransaksi melalui website UMKM dan Pariwisata Kalimantan Tengah, serta membantu mempromosikan website tersebut melalui media sosial yang kita miliki,” kata Kepala BI Perwakilan Kalteng.

(BS-65/beritasampit.co.id)