Jumlah UMKM Kalteng Meningkat Signifikan Masa Pandemi Covid-19

SAMBUTAN : IST/BERITA SAMPIT - Pelaksana Tugas Sekretaris Daerah Kalteng, Nuryakin saat membacakan sambutan Gubernur Kalteng Sugianto Sabran, dalam acara Festival UMKM dan Pariwisata Digital di Aula Jayang Tingang Kantor Gubernur Kalteng, Kamis 24 Juni 2021.

PALANGKA RAYA – Jumlah UMKM di Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) mengalami kenaikan yang sangat signifikan semenjak munculnya wabah pandemi Covid-19.

Pada Desember 2019 berjumlah 40.568 UMKM, bertambah per Juni 2021 sebanyak 64.087 unit, yang terdiri dari usaha menengah sebanyak 309 unit, usaha kecil sebanyak 3.363 unit dan usaha mikro sebanyak 60.415 unit.

Peningkatan jumlah UMKM ini menunjukkan, bahwa kebijakan ekonomi dan penerapan protokol kesehatan yang selama ini dikeluarkan oleh Pemerintah Daerah dan dukungan dari stakeholder daerah, mampu menopang kinerja UMKM di tengah terpaan krisis dan memberikan kepastian dalam berusaha.

BACA JUGA:   Ryan Tangkudung Tutup Usia, Semasa Hidup Dikenal Baik dan Ramah

Menurut Pelaksana Tugas (Plt) Sekretaris Daerah (Sekda) Kalteng, Nuryakin bahwa sektor UMKM merupakan usaha yang sangat diminati oleh sebagian besar masyarakat di Kalteng ditengah pandemi Covid-19.

“Sebaran pelaku UMKM juga berada di tempat wisata yang ada di Kalimantan Tengah, keterkaitan ini tidak mungkin terpisahkan, bahwa keberadaan UMKM merupakan faktor pendukung untuk kemajuan wilayah wisata dan sekitarnya,” jelas Nuryakin mewakili Gubernur Kalteng, pada acara Festival UMKM dan Pariwisata Digital di Aula Jayang Tingang Kantor Gubernur Kalteng, Kamis 24 Juni 2021.

Pemerintah Provinsi Kalteng bersama Bank Indonesia Perwakilan Kalteng terus berupaya mendukung UMKM agar bangkit menjadi lebih kuat dan berinovasi untuk menggeliatkan kembali bisnis UMKM. Caranya dengan penyelenggaraan berbagai kegiatan ekonomi kreatif, salah satunya mempromosikan produk lokal juga destinasi wisata bersama dengan pelaku UMKM di sekitarnya.

BACA JUGA:   IKAL Lemhannas Diharapkan Membantu Pembangunan Kalteng

Nuryakin berharap, dengan adanya website UMKM dan Pariwisata Digital Kalteng dapat mempermudah pelaku UMKM terus mengembangkan usaha dan bisnisnya.

“Agar pertumbuhan ekonomi di Kalimantan Tengah menjadi terus meningkat, sehingga kesejahteraan masyarakat terwujud sebagai salah satu upaya menuju Kalimantan Tengah semakin BERKAH,” pungkasnya. (Hardi/beritasampit.co.id).