Puluhan Jurnalis Kalteng Nyatakan Sikap, Tolak dan Usut Kekerasan Terhadap Wartawan

IST/BERITA SAMPIT - Para wartawan yang sedang melakukan aksi pernyataan sikap di Tugu Soekarno Palangka Raya, Jumat 25 Juni 2021.

PALANGKA RAYA – Kekerasan terhadap wartawan hingga menimbulkan korban jiwa seperti yang dialami Pemimpin Redaksi lassertoday.com beberapa waktu lalu mendapat reaksi wartawan di berbagai penjuru tanah air.

Seperti yang dilakukan puluhan wartawan yang bergabung dalam aliansi persatuan wartawan Kalimantan Tengah (Kalteng) pada Jumat, 25 Juni 2021 di Tugu Soekarno Palangka Raya.

Para awak media dari lintas organisasi seperti DPW AJV Kalteng, DPW IPJI Kalteng, DPD APWI Kalteng, DPD PWRI Kalteng dan SMSI Kalteng yang melakukan aksi pernyataan sikap “Menolak dan Usut Kekerasan Terhadap Wartawan”.

BACA JUGA:   Polisi Berhasil Ciduk Pria Diduga Pengedar Sabu-Sabu

Wartawan dari berbagai media melakukan orasi dengan tetap menerapkan prokes yang ketat  serta pengawalan dari Polresta Palangka Raya.

“Kami minta kepolisian untuk mengusut tuntas semua kekerasan yang terjadi terhadap wartawan dan untuk rekan-rekan agar selalu berhati-hati dalam melaksanakan tugas kejurnalisan,” ucap Ketua DPW AJV Kalteng Hamli Tulis dalam orasinya.

Sementara itu, Ketua DPW IPJI Kalteng Timerias Labat saat menyampaikan orasi mengatakan  stop kekerasan terhadap wartawan. “Kami para jurnalis bertugas dengan dilindungi UU Pers Nomor 40 tahun 1999, jadi hentikan kekerasan dalam bentuk apapun,” teriak Labat.

BACA JUGA:   Golkar Kalteng dan Kalsel Salurkan Bantuan di 3 Kabupaten Terdampak Banjir

Ditemui di tempat yang sama salah seorang wartawan senior Hadi Boy berharap dengan adanya pernyataan sikap ini biasa dihentikan teror maupun kekerasan terhadap wartawan.

“Kami juga mengucapkan terima kasih dan memberikan apresiasi setinggi tingginya kepada pihak Polri yang berhasil meringkus para pelaku penembakkan Pempred lassertoday.com,” ucap Hadi Boy.

Usai melakukan aksi pernyataan sikap, kegiatan ditutup dengan pembagian masker gratis kepada para pengguna jalan yang melintas. (Aul/beritasampit.co.id).