Soal Rotasi Jabatan, Lumban Gaol: The Right Man On The Right Place

IM/BERITA SAMPIT - Anggota Komisi I DPRD Kabupaten Kotawaringin Timur, Sihol Parningotan Lumban Gaol.

SAMPIT – Anggota DPRD Kotawaringin Timur (Kotim), Sihol Parningotan Lumban Gaol sangat mengapresiasi adanya keinginan Bupati Kotim H. Halikinnor untuk menempatkan pejabat-pejabat di pemerintahan daerah sesuai dengan bidang keilmuan dan keahlian masing-masing.

Menurut pria yang duduk di kursi Komisi I DPRD Kotim tersebut, bahwa keinginan itu menunjukkan Bupati Halikinnor melihat masih banyak pejabat daerah menduduki posisi yang tidak sesuai dengan bidang ilmu yang dimiliki dan keahlian yang tidak sesuai.

Hal itu menjadi salah satu pertanda bahwa pemerintahan saat ini akan semakin dicintai oleh semua lapisan masyarakat, khususnya pemerhati daerah Kotim yang rindu akan perubahan mendasar.

“Saya juga sangat sependapat agar setiap pegawai pada SOPD dievaluasi secara menyeluruh, agar setiap pegawai bisa bekerja dengan baik. Hal ini akan berdampak baik terhadap pelayanan masyarakat dan juga bisa meningkatkan produktivitas kerja yang maksimal,” tutur Lumban Gaol, Jumat 25 Juni 2021.

BACA JUGA:   DPRD Kotim Terima Keluhan Warga Terkait Tercemarnya Sungai Mentaya oleh Cairan Diduga CPO

Selain kesesuaian bidang ilmu yang dimiliki seseorang untuk dasar penempatan tugas,  khususnya bagi calon pejabat yang akan mendapatkan amanah, kata Dia, tentu keahlian juga dituntut, bagaimana keahlian managerial yang dimiliki dan integritasnya dalam mengemban tugas jabatan yang akan disandangnya.

Pejabat yang tidak memiliki leadership yang baik akan kewalahan mengelola instansi yang dipegangnya. Contohnya saja di kelurahan sebagai ujung tombak pemerintahan daerah, kalau Lurah masih sekedar memikirkan dapurnya saja, maka tidak akan pernah selesai permasalahan sengketa, tumpang tindih surat keterangan tanah yang selama ini masih sering kita dengar. Atau juga maraknya praktek-praktek galian C ilegal di wilayah kekuasaannya.

“Langkah Bupati Kotim untuk menempatkan pegawai sesuai bidang ilmunya atau prinsip The Right Man On The Right Place (Orang Yang Tepat Ditempat Yang Tepat) pantas kita acungi dua jempol, karena saya yakin bahwa beliau pernah merasakan bagaimana suka dukanya duduk di bangku kuliah dengan segala persoalannya. Dan saya yakin beliau kuliah bukan dengan sistem online, apalagi beliau juga merasakan sendiri menjadi pegawai terendah hingga menduduki jabatan tertinggi sebagai ASN, tentunya paham betul bagaimana ketika kita melihat orang-orang di tempatkan oleh penguasa dijabatan jabatan yang tidak tepat atau bukan di bidangnya,” jelas Politisi Demokrat ini.

BACA JUGA:   Perluasan Bandara H. Asan Harus Segera Tuntas Untuk Menarik Maskapai Baru

Sementara itu, Lumban Gaol juga berharap, Bupati Kotim benar-benar konsisten dengan apa yang sudah disampaikan kepada masyarakat melalui media, dan apa yang disampaikan oleh Bupati itu akan ditunggu oleh DPRD Kotim.

“Kami tunggu perubahan-perubahan. Tujuan tidak lain itu semua demi kemajuan daerah yang kita cintai ini yaitu Kotawaringin Maju dan Sejahtera sesuai jargon beliau “Kotim Harati”,” demikian Gaol. (im/beritasampit.co.id).