Bupati Kobar Apresiasi Pemprov Kalteng Tingkatkan Fasilitas Pendidikan di Kobar

IST/BERITA SAMPIT - Bupati Kobar Hj. Nurhidayah didampingi Kepala SMKN 1 Kumai dan Camat Kumai meresmikan Ruang Praktek Agribisnis Perikanan Air Tawar SMKN 1 Kumai.

PANGKALAN BUN – Bupati Kotawaringin Barat (Kobar) Hj. Nurhidayah apresiasi Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Tengah (Kalteng) yang telah membantu dalam meningkatkan fasilitas pendidikan di Kobar.

Nurhidayah mengucapkan terimakasih kepada Pemerintah Provinsi Kalteng dalam rangka peningkatan sumberdaya manusia (SDM) di Kobar, yang saat ini sedang memasuki persaingan yang sangat ketat sehingga dibutuhkan sarana dan prasarana penunjang.

Hal tersebut disampaikan Nurhidayah saat meresmikan penggunaan ruang praktek siswa Agribisnis Perikanan Air Tawar (APAT) dan Agribisnis Tanaman Perkebunan (ATP) di SMKN 1 Kumai, Kabupaten Kobar, Senin 28 Juni 2021.

BACA JUGA:   Semangati Warga, Bupati Kobar Cerita Pengalamanya Diserang Covid-19

Selain meresmikan ruang praktek siswa, dalam kesempatan itu juga Nurhidayah meninjau sarana dan prasarana penunjang kegiatan belajar siswa, serta meresmikan penggunaan musala Al Hijrah yang baru saja rampung dibangun.

Nurhidayah berharap lulusan SMK tidak hanya memiliki skill dan kemampuan yang mumpuni, tetapi mampu memaksimalkan potensi lapangan kerja yang masih terbuka lebar.

“Potensi Kotawaringin Barat khususnya dalam bidang pertanian dalam arti luas sangat terbuka. Tinggal bagaimana kita mengelola potensi ini. Kita harapkan sektor pendidikan ini sebagai penopang dunia usaha. Harus kita siapkan skill yang cukup,” tuturnya.

BACA JUGA:   Sebelum Meninjau Banjir di Aruta, Bupati Kobar Sempat Beri Bantuan Korban Kebakaran di Arsel

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kalteng, Ahmad Syaifudi menerangkan, pembangunan ruang praktek siswa itu dibangun menggunakan dana alokasi khusus (DAK) tahun 2020 dan sebagai sekolah satu-satunya di Kalteng yang memiliki jurusan Agribisnis Perikanan Air Tawar (APAT).

“Ini ikon Kobar sekaligus Kalteng karena satu-satunya SMK yang punya jurusan ini. Langka juga. Oleh karena itu kita dukung penuh sekolah ini untuk bisa maju dan bisa mandiri kedepannya, berharap lulusan SMK kompetitif dalam memenuhi kebutuhan pasar (tenaga kerja),” pungkasnya. (Man/beritasampit.co.id).